2Ride7 Jakarta – Lombok : (Support) Paket Motor Jakarta – Denpasar

Posted: June 24, 2012 in Motor, Petualangan, Touring
Tags: , ,

Dalam project 2Ride7, ketika opsi harus mengirim motor ke Denpasar harus dipilih sebelum mengeksplore Bali dan Lombok, maka mau tak mau penulis harus mencari perusahaan ekspedisi yang dapat menjamin motor penulis tiba di Denpasar dengan selamat. Untungnya seorang teman di KHCC (Karisma Honda Cyber Community) yang kebetulan bekerja di sebuah perusahaan expedisi besar membantu penulis. Berikut liputannya.

Paket Motor Jakarta – Denpasar

Paket Motor Jakarta – Denpasar

Administrasi Pengiriman Barang di Pahala Express

Administrasi Pengiriman Barang di Pahala Express

Kriteria Pengiriman Motor oleh Ekspedisi

Dari beberapa perusahaan ekspedisi yang disurvey oleh penulis yang bisa melakukan pengiriman motor ke Denpasar, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Ukuran motor yang akan dikirim (motor kecil/motor sport/moge)
  2. Waktu pengiriman (express/reguler)
  3. Moda pengiriman (Kereta api/truk expedisi)

Ketiga hal tersebut mempengaruhi pada biaya pengiriman, biaya asuransi dan biaya packing. Ketiga biaya itu lah yang harus kita keluarkan jika kita akan mempaketkan motor ke sebuah tempat. Tentu saja setiap perusahaan ekspedisi mempunyai standar biaya yang bervariasi.

Pahala Express

Setelah mencari-cari perusahaan ekspedisi yang sekiranya paling pas, maka akhirnya pilihan jatuh kepada perusahaan ekspedisi PAHALA EXPRESS.

Kantor Pusat Pahala Express - Jati Asih, Bekasi.

Kantor Pusat Pahala Express – Jati Asih, Bekasi.

Perusahaan ekspedisi yang masih satu group dengan perusahaan otobis Pahala Kencana yang berdomisili di jalan Jati Asih – Bekasi ini menempati lahan yang sangat luas saat penulis menyambanginya. Penulis mendapat rekomendasi untuk memilih perusahaan ekspedisi ini dari beberapa teman biker yang sudah menggunakan jasa perusahaan ini. Selain itu ternyata ada seorang teman sesama anggota KHCC (Karisma Honda Cyber Community) yang bekerja di sana. Bro Aqiel yang memangku jabatan yang penting di perusahaan itu pun penulis kontak, dan itu terbukti membantu penulis mereduce biaya paket motor penulis. Sebagai informasi, sebelum mendapat discount khusus, biaya pengiriman motor di Pahala Express menurut hasil survey penulis adalah paling ekonomis dibanding dengan perusahaan ekspedisi sejenis.

 Profesionalisme perusahaan ekspedisi

Bagaimana dengan servisnya? Setelah menyelesaikan segala macam administrasi (barang bawaan dipisahkan biayanya dengan motor), maka sebelum motor dikirim dalam truk khusus, motor dibungkus dengan beberapa material pelindung yang berfungsi untuk menghindari kerusakan/lecet pada motor saat pengangkutan.

Motor Penulis Saat di Packing

Motor Penulis Saat di Packing

Menurut Bro Aqiel, sore ini juga motor akan dikirim dengan truk khusus tadi dan diperkirakan 4 hari akan sampai di Denpasar. Untuk memudahkan penelusuran barang, maka dalam homepage mereka (www.pahalaexpress.co.id), dapat dilacak dengan menu khusus pelacakan barang yang sedang dikirim.

Sesuai estimasi, 4 hari kemudian, motor sudah tiba di Pool Pahala Express di Denpasar. Saat penulis membawanyanya ke Pool Pahala Express di sekitaran Denpasar, motor penulis terlihat masih dalam keadaan utuh terbungkus packing. Terima-kasih Pahala Express!!

Catatan :

Beberapa tips saat memaketkan motor ke luar kota :

  1. Pastikan anda menggunakan perusahaan expedisi terpercaya (bandingkan dari sisi waktu, biaya, cara pengiriman, likuiditas perusahaan).
  2. Pastikan jadwal keberangkatan dan waktu pengiriman motor anda sesuai dengan jadwal anda keseluruhan. Lebihkan 2-3 hari untuk berjaga-jaga jika saja waktu pengiriman terlambat.
  3. Pastikan kendaraan anda terasuransi dari kerusakan dan kehilangan.
  4. Cek ke perusahaan ekspedisi, dimana barang akan dikirim. Karena sebagian perusahaan ekspedisi tidak mengirim barang door to door.
  5. Accessories motor yang mudah pecah sebaiknya dilepas dan dipaketkan secara terpisah dalam box khusus.
  6. Pastikan kendaraan dipacking dengan baik. Foto kondisi motor dan Odometer sebelum dipacking. Bandingkan saat kita membuka packing motor di tempat tujuan.
  7. Jika perusahaan expedisi anda terorganisir dengan baik, biasanya di website mereka ada fasilitas untuk mengecek lokasi barang terkini

Leave a comment