Sebuah Review Jacket Riding : Respiro Edisi 2Ride7

Posted: February 4, 2014 in Motor, Others, Petualangan, Touring
Tags: , , , , , , , ,

Saat penulis membuka-buka arsip lama, sebuah judul tulisan tampak terlihat. Ahhh…..!! Sebuah review jaket riding yang sudah lama sekali penulis tulis tetapi belum pernah di publish terlihat didalamnya. Meskipun rasanya terlambat, tapi setidaknya bisa menjadi review bagi teman-teman sesame rider yang hobby bertualang dengan sepeda motor. Berikut tulisan lengkapnya dengan penambahan dan penyesuaian di beberapa bagian tulisannya.

Penyerahan Jacket Oleh RespiroSebuah bingkisan plastik transparan berisi sebuah jaket, penulis terima dari Bro Andry Berlianto, teman seperjalanan dalam project 2ride7 – Motorcycle Safety Adventure.

“Jacket Respiro loe, Ne”, katanya pendek sambil ngeloyor pergi ke bagian dalam rumahnya.

Penulis tidak memperhatikan lagi dia karena rasanya mata ini tidak bisa beranjak dari sebuah jaket yang berwarna abu-abu dengan kelir warna orange yang telah penulis keluarkan dari bungkusnya. Tulisan berbahan scotchlight berbunyi ‘2Ride7’ di bagian punggung dan dada sangat jelas terlihat. Di bagian yang lain serta di bagian bawah pundak juga terlihat tulisan merk jacket ini : RESPIRO. Paduan warna abu-abu dan orange ini merupakan request penulis kepada Mas Arif, punggawa RESPIRO, saat penulis mengadakan lawatan ke markas Respiro di Bandung tempo hari.

Jacket Respiro Edisi 2Ride7 (Depan)

Jacket Respiro Edisi 2Ride7 (Belakang)

Jacket tersebut adalah sebuah jacket prototype (uji coba), yang merupakan bagian dari kesepakatan yang diambil antara kami, tim 2Ride7 dengan RESPIRO, produsen spesialis jacket touring. Kami dari awal diminta untuk fitting ukuran jacket yang disesuaikan dengan postur tubuh kami untuk dasar membuat sebuah jacket prototype. Jacket prototype lalu diuji coba oleh kami selama beberapa waktu dan berdasarkan review yang kami berikan itulah, pihak Respiro akan menjahit jacket custom yang benar-benar kami inginkan. Sebuah langkah profesional yang diambil oleh produsen Respiro.

Mas Arif, Owner dari Respiro ini pun menjanjikan bahwa model jacket yang akan dijahit adalah model khusus, dimana nama 2ride7 akan menjadi nama modelnya saat jacket itu dipasarkan secara massal. Sebuah penghormatan bagi tim 2ride7 dari produsen riding ware berkelas asli hasil karya asli anak negeri ini. Penggunaan nama sebuah expedisi menjadi sebuah model jacket oleh Respiro sebelumnya baru dilakukan untuk expedisi Ring of Fire (Om Youk Tanzil) dan Exploride (Mas Ungki) –> saat ini sudah banyak sekali team-team petualang yang menggunakan produk respire dalam setiap ekspedisi mereka (pen).

Desain jacket sendiri seperti halnya yang dibuat untuk Ring Of Fire dan Exploride, didesain khusus untuk perjalanan bermotor jarak jauh, yaitu :

  • Bahan kain yang waterproof dan windproof
  • Pada bawah jacket melebihi pinggang (mengingatkan pada jacket yang dikenakan Ewan Mc Greggor & Charlie Boorman dalam serial TV terkenal ‘Long Way Down’)
  • Banyak kantong
  • Protector yang dipasang di bagian dalam jacket, tepat di bagian siku dan pundak
  • Sirkulasi udara berupa pemasangan beberapa resleting yang berfungsi untuk membuka jalur khusus kain perporated di bagian lengan dan pundak
  • Pemasangan kain berbahan elastis yang dipasang di bagian atas ketiak. Ini berfungsi agar jacket bisa mengikuti tekukan tangan saat memegang stang sehingga jacket menjadi lebih nyaman dan tidak kaku.
  • Penggunaan double zipper pada bagian depan jacket agar memberikan keleluasaan pada bagian pinggang saat berkendara.

Jacket ini selama beberapa hari kemudian menjadi teman setia penulis saat berkendara dengan si ‘Predator’ motor kesayangan penulis.

Penggunaan Jacket saat di Daerah Malang 2012

Penggunaan Jacket Saat di Bromo

Bagaimana rasanya mengenakan jacket ini, berikut ulasannya :

  1. Karena ukurannya telah disesuaikan dengan postur tubuh penulis, tentunya ukuran jacket menjadi cukup ideal saat digunakan.
  2. Pada awalnya jacket ini agak terasa panas (mungkin karena waterproof & windproof ya :D). Tapi setelah penulis ingat akan adanya jalur khusus untuk sirkulasi udara (tinggal buka resleting), maka masalah ini teratasi. Selain itu Respiro kemudian memberikan setelan khusus berupa backlayer yang tipis dan berfungsi menyerap panas.
  3. Saat penggunaan malam hari, jacket ini terasa sekali dapat menahan terpaan angin, sehingga badan tetap terasa hangat.
  4. Penggunaan protector di siku dan bahu cukup memberikan rasa aman saat berkendara
  5. Jumlah saku yang banyak (dan besar di bagian belakang) sangat membantu menyimpan barang-barang yang cukup banyak.
  6. Saat digunakan dalam kondisi hujan ringan, tidak terasa ada kebocoran pada jacket ini. Namun kebocoran minor timbul (terutama di bagian jahitan) saat digunakan di hujan yang sangat lebat (rasanya ini tidak bisa dihindari ya, soalnya jacket ini bukan jas hujan :D).
  7. Penggunaan bahan scotchlight pada tulisan ‘2ride7’ dan ‘Respiro’ menjadikan jacket ini cukup visible untuk pengguna jalan lainnya dimalam hari.

Hal-hal di atas tentunya menjadi inputan berharga bagi Respiro ditambah dengan beberapa input lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis seperti :

  1. Menambahkan resleting sirkulasi udara tambahan di bawah ketiak.
  2. Menambahkan semacam kantong transparan di bagian atas pergelangan tangan untuk menyimpan kertas2 kecil yang penting (ini juga berfungsi untuk mengurangi efek kerutan saat digunakan riding).
  3. Menambahkan tempat khusus untuk ‘camelback’ di bagian punggung yang akan sangat berguna untuk perjalanan jauh.
  4. Menambahkan tempat untuk menyimpan ballpoint yang bisa langsung cabut saat diperlukan.

Nampaknya jacket ini akan menjadi jacket termutakhir yang penulis pernah miliki untuk menemani perjalanan jauh, terutama untuk project ‘2Ride7 – Motorcycle safety riding’ yang akan melintasi Lombok – Bali – Jawa Timur – Jawa Tengah – Yogyakarta – Jawa Barat dan berakhir di Jakarta –> sudah dilakukan pada Medio Mei 2012.

Thanks RESPIRO!!

Jakarta, 01 Juli 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s