GPS : Alat Pemandu Modern Untuk Para Petualang Bermotor

Posted: February 4, 2014 in Motor, Others, Petualangan, Touring, Uncategorized
Tags: , , , , ,

Sudah lama penulis memiliki unit GPS (Global Positioning System), sebuah perangkat yang sangat berguna untuk seorang yang suka berkelana seperti halnya penulis. Tanpa perangkat ini, setiap penjelajah akan merasa kehilangan seorang ‘asistant’ yang pintar untuk menentukan arah dan mengetahui posisi dimana saat itu dia berada. Lalu bagaimana memasang sebuah unit GPS pada sepeda motor, berikut beberapa catatan penulis.

GPS Pada Sepeda Motor

Bracket GPS Pada Sepeda Motor

Memasang sebuah unit GPS pada sebuah motor tidak lah sulit, tapi bukan berarti sesuatu hal yang mudah juga. Jika memasang GPS di mobil sangatlah simpel karena tinggal memasang GPS Holder/Bracket di kaca mobil serta memasang power supply/charger di tombol pematik rokok, maka untuk pemasangan GPS di motor, kita harus memperhatikan :

  1. Type GPS.
  2. Jenis GPS Holder/Bracket khusus untuk pemakaian di motor.
  3. Pembuatan power supply/charger untuk GPS (karena di motor tidak ada tombol pematik rokok).

Lalu bagaimana kita menindaklanjuti hal-hal di atas. Berikut beberapa tips dari penulis :

  • Type GPS : GPS banyak ragamnya. Namun untuk penggunaan di sepeda motor, sebaiknya menggunakan GPS jenis outdoor karena GPS tersebut akan terpapar cuaca secara terus menerus. Namun perlu diingat bahwa GPS jenis outdoor relatif mahal dibandingkan dengan GPS konvensional. Untuk para pengguna pemula, (seperti halnya penulis :D), maka GPS konvensional merk SUPER SPRING SF510 sudah cukup mumpuni. Harga GPS ini cukup ekonomis dibandingkan GPS merk lain. Setelah penggunaan beberapa lama ternyata kualitasnya tidak kalah dengan GPS yang lebih mahal (lebih lanjut dapat dibaca di artikel : Review GPS : Super Spring SF510)
  • Holder/Bracket Khusus pada motor : Holder/Bracket khusus pada motor sudah cukup banyak di pasaran. Pada dasarnya holder/bracket yang digunakan sama dengan penggunaan di Mountain Bicycle (sepeda gunung) biasa, dimana holder/bracket dipasang di stang sepeda/motor. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah di sisi mana unit GPS akan dipasang pada stang. Hal ini kelak akan berpengaruh saat penggunaan, yaitu :
    • Pengguna menggunakan tangan kiri (kidal) atau tangan kanan (dekatkan unit GPS pada sisi tangan yang dominan kita gunakan untuk memudahkan saat setting GPS).
    • Tidak mempengaruhi focus kita pada saat berkendara (arahkan GPS sedekat mungkin dengan arah focus mata ke arah jalan sehingga saat kita memantau arah pada GPS, mata kita pun bisa memantau arah jalan di depan kita).
    • penulis saat ini menggunakan bracket/holder merk CASCADE yang cukup kuat digunakan di kondisi jalan extrim sekalipun.
  • Power Supply/Charger : Pada dasarnya GPS adalah unit electronic yang membutuhkan daya secara continue, sehingga sebaiknya power supply ke unit ini harus selalu ON saat digunakan. Power supply yang digunakan sama dengan mobile power supply untuk handphone, jadi tinggal menyesuaikan type jack outputnya saja. jenis jack yang umum digunakan adalah jenis MINI USB. Setelah beberapa kali trial system power suppy yang terbaik, penulis memasang charger pematik rokok seperti yang ada di mobil. Charger yang dipasang memang khusus dibuat untuk pemakaian outdoor karena memiliki penutup saat tidak digunakan dan melindungi charger dari air hujan. Charger ini sudah mempunyai sekring pengaman pula sehingga aman untuk digunakan. Charger disambung langsung ke Accu motor dengan tambahan sebuah saklar. Penggunaan saklar disini sangat penting agar kita bisa mematikan daya ke charger saat charger tidak digunakan. Jika tidak, daya listrik di ACCU akan terus menerus terhisap yang tentunya mempengaruhi lifetime ACCU.

Charger

Dalam sebuah kesempatan, penulis bertemu dengan Kang Adet Vriono. Punggawa dari produsen ridding gear “7Gear” ini sudah menerapkan unit GPS yang benar-benar proper untuk penggunaan di sepeda motor. Bracket/Holder yang dipasang sudah berbentuk wadah yang tahan air (waterproof) sekaligus sudah mempunyai charger daya yang otomatis terhubung ke unit GPS saat dipasang. Sehingga lebih rapi dan lebih simple. Namun tentu harganya pun tidak simple lagi😀.

IMG-20110219-00279

IMG-20110219-00280

Semoga Bermanfaat

Jakarta, 04 February 2014

Comments
  1. tri18 says:

    om bkin power supplynya gmn caranya???

    • Di toko peralatan & perkakas (seperti Ace Hardware) sudah banyak yang jual tuh. Harga sekitar 125rb kalo engga salah yg 2 lubang (1 utk lubang charge standar, 1 lubang charge USB). Yang penting harus buat saklar sebelum kabel disambung ke Accu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s