Dazzler (NMP India) pun ‘berbonus’ coakan

Posted: April 20, 2011 in Motor, Others
Tags: , , , , , , ,

Penjelasan dari PT. AHM (Astra Honda Motor) perihal ditemukannya coakan pada rangka Honda New Meda Pro (baca postingan sebelumnya di sini) nampaknya masih menunggu waktu, meskipun pihak AHM beberapa saat yang lalu sudah menghubungi dan berjanji memberikan konfirmasi. Maka sambil menunggu, penulis mencoba menelaah, apakah coakan serupa terdapat pada prototypenya NMP : Honda CB Unicorn Dazzler, yang secara resmi diluncurkan oleh Honda Motor and Scooter India atau disingkat HMSI (AHM nya India). Apalagi berdasarkan bisik-bisik sesama bloger, penulis mendapatkan informasi bahwa pada motor Dazzler ini ( = nama tokoh kartun ciptaan Marvel Comics di serial X-Men) pun memiliki ‘bonus’ coakan (meski las-lasannya lebih halus).

Oh ya, sebagai informasi berdasarkan hasil surfing di mbah Google, penulis mendapat keterangan bahwa Honda CB Unicorn Dazzler merupakan real product yang dikeluarkan oleh HMSI setelah sebelumnya memperkenalkan New Unicorn Concept di Delhi Motor Show. CB Unicorn Dazzler masih menggunakan mesin Unicorn lama berkubikasi bersih149,1 cc (57,3 x 57,8) yang mampu menghasilkan tenaga 14 bhp pada RPM 8000. Torsi yang didapat maksimum 13 Nm pada RPM 5500. Mesin mengusung sistem OHC berpendingin udara dilengkapi dengan kickstarter dan selfstarter. CB Unicorn Dazzler mampu menempuh jarak 60 KM dengan 1 liter bensin (berdasarkan hasil riset Automotive Research Association of India yang disingkat ARAI) dan memenuhi standar emisi Euro III.

Honda CB Unicorn Dazzler (NMP nya India)

Karena tidak mungkin bagi penulis terbang ke India hanya untuk melihat kebenaran adanya coakan pada si Dazzler (daripada ke India mendingan buat umroh :D), maka dipakailah teknologi ngubek-ngubek ala ahli telematika. Setelah bolak-balik di search engine, tak lama kemudian…. hooplahhh! gambar Honda CB Unicorn Dazzler yang secara bentuk benar-benar sama ‘tumplek blek‘ dengan Honda NMP terlihat di depan mata. Perbedaanya hanya pada warna body dan bentuk mufler (knalpot).

Setelah penulis amat-amati dengan seteliti mungkin (pake ilmu kanuragan ‘zoom in dan zoom out’), ternyata perihal adanya coakan di Dazzler benar adanya. Terlihat sebentuk coakan yang posisinya sama dengan di NMP, hanya terlihat lebih rapi pengerjaannya.

Coakan pada NMP ada juga pada Dazzler

Sebagian bloger beranggapan bahwa jika di Dazzler saja ada coakan pada konstruksinya, tentunya coakan di NMP pun tidak akan berpengaruh apa-apa, apalagi konon medan dan penggunaan motor di India lebih extrim dibanding di Indonesia. Benarkah demikian?

Jawabannya bisa ya bisa juga tidak. Mungkin harus dicatat bahwa penggunaan motor di Indonesia secara umum sudah menjadi kendaraan multifungsi. Dari mulai kendaraan operasional sehari-hari, ngantor, rekreasi dengan keluarga, angkutan bahan dagangan, sampai touring ke berbagai daerah yang berkontur extrim dengan bawaan seabreg. Jadi jangan berharap motor yang dibeli hanya dipakai untuk pemakaian standar saja sesuai dengan yang disyaratkan oleh pabrikan. Jadi dalam mendesain pun tetap harus menambahkan Safety factor yang kudu tetap dilipat gandakan!

Jadi, kuatkah konstruksi motor dengan model coakan seperti ini? Monggo ditunggu klarifikasi dari AHM.

Jakarta, 20 April 2011

Comments
  1. Gue says:

    mati tiba2 krn karburator vacum sdh termakan waktu, n ini sama terjadi d smua motor berkarbu Vacum (berdsr pengalaman n analisis mayoritas biker/ club mator)

    salah satu penyelesaiany adlh ganti karbu dgn kabu konfensional jaman dl, resiko sedikit agak boros tp tarikan lebih enak

  2. Fielandra says:

    Saya membeli NMP bulan Agustus 2010, secara global motor yang saya miliki tidak banyak masalah, cuma sejak awal pembelian hingga saat ini, kondisi motor yang tiba2 mati (seperti telat BBM) belum saya dapatkan penyelesaiannya, saya sudah bolak-balik ke dealer untuk memperbaiki malah spuyer karburator pecah dan tidak ada pemberitahuan dari mekanik dealer yang memperbaiki, saya baru tahu ketika saya bawa ke AHASS yang lain bahwa spuyer karburator kepalanya hilang 1/2 (penggantian saya terpaksa beli sendiri) namun masalah semula mesin yang mati tiba2 tetap tidak mau hilang sampai tulisan ini saya buat… jika memang ada solusi untuk menangani masalah tersebut bagaimana caranya???? (apa harus ganti merek motor selain honda???)

    • Mesin mati tiba-tiba bisa banyak sebabnya. Bisa kelistrikannya & kabeling yang longgar/putus, tersumbat di supply bensin, bahkan karena seperti hal sepele yaitu lubang hisap udara di bawah jok tersumbat karena kain/lap/plastik yang disimpan di bawah jok. Menurut saya, setiap AHASS pun punya kualitas masing2. Coba datang ke AHASS dengan standar bintang diatas 3 yang dari segi peralatan lebih lengkap (dan biasanya pelayanan juga lebih bagus). Mengenai pemilihan merk motor menurut saya dikembalikan ke pribadi masing-masing mas bro…..semoga masalahnya bisa segera teratasi.

  3. Taufik says:

    nantikan fakta dari tmcblog juga😀

  4. saya rasa saatnya motor dikembalikan ke “fitrah”-nya..

    dan sudah saatnya juga bahwa pengendara motor harus mematuhi manual yang sudah dibuat pabrikan, soal beban misalnya..

    jadi kalo nekat, ya itu resiko sendiri..

    IMHO

  5. idog says:

    Octan booster ga bisa nyusul….

    meskipun Ane yakin dengan kekuatannya,
    tetep tunggu klarifikasi aja. mudah2an secepatnya…

  6. Schutzstaffel says:

    Pertamax…

  7. jakatimur says:

    Premium bengsin miskin!!!😀

  8. jakatimur says:

    Pertamax Superrr!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s