Kuliner : Tempat Kecil, Rasa Dahsyat! (#02)

Posted: March 18, 2011 in Keluarga, Kuliner, Others
Tags: , , , ,

Di tulisan sebelumnya, penulis telah menuliskan tentang keistimewaan ayam bakar teteh di halim – Jakarta Timur. Selanjutnya penulis menyajikan tentang kuliner yang sangat diminati oleh masyarakat jakarta, yaitu mie ayam. Namun sebelumnya kembali penulis ingin menyampaikan bahwa setiap orang punya penilaian yang berbeda tentang citarasa suatu jajanan kuliner. Banyak faktor yang bisa jadi pencetusnya. Lalu apakah citarasa suatu jajanan kuliner bisa dipengaruhi oleh lokasi dimana jajanan itu disajikan? Bisa jadi ya, tergantung dari strata sosial sang pencicip rasa. Jika pembaca mengharapkan tempat jajanan yang besar, tentunya akan merasa tidak cocok dengan tulisan penulis di bawah ini. Tapi jika lokasi jajanan bukanlah suatu masalah, maka inilah beberapa tempat jajanan kuliner di area Halim – Jakarta Timur, yang dari ukuran tempat berjualannya relatif sederhana dankecil, tapi masalah citarasa jajanan yang disajikan menurut penulis tidaklah kalah dengan jajanan yang disajikan di restoran-restoran yang sudah ternama.

Kios yang sederhana tapi bersih
Kios yang sederhana tapi bersih
Mie Ayam Kota dengan kiosnya yang sederhana

Mie Ayam Kota dengan kiosnya yang sederhana

2. Mie Ayam Pangsit Kota, Kampung Makasar – Jakarta Timur.

Yang namanya mie ayam, sudah jadi jajajan favorit penulis sejak pertama kali datang ke Jakarta. Tapi menemukan mie ayam yang benar-benar enak dan sesuai dengan selera penulis sangatlah jarang. Salah satu kios mie ayam yang menurut penulis enak adalah kios ‘Mie Ayam Pangsit Kota’ di Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Menempati kios kecil sewaan berukuran kurang lebih 2,5 x 4 meter, Mie Ayam Pangsit Kota tidak kekurangan pelanggan karena sejak buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam, minimal 100 porsi mangkok mie ayam ludes terjual, seperti yang diceritakan oleh penjual mie ayam ini, pak Mahmudin. Selain itu, meskipun tempatnya kecil, masalah kebersihan dan kerapihan sepertinya menjadi perhatian di kios ini, karena setiap saya mampir untuk menikmati mie ayam favorit saya, kios ini selalu bersih dan rapi meskipun pembeli keluar dan masuk ke kios ini.

Apa yang istimewa dari Mie Ayam Pangsit Kota di tempat ini?

Mie Ayam Pangsit Kota setelah Disajikan

Mie Ayam Pangsit Kota setelah Disajikan

Mie ayam ini tempat ini disajikan dalam mangkok ukuran standar. Dalam mangkok ini, mie ayam yang sudah dicampur dengan beberapa bumbu khusus disajikan dalam keadaan kering tanpa kuah dan ditambah ayam cincang khas mie ayam jakarta yang gurih. Kuah disajikan dalam mangkok terpisah yang berukuran lebih kecil. Biasanya di dalam mangkok kuah ditambahkan sayur (sosin), bakso kecil dan pangsit basah. Bumbu-bumbu seperti kecap manis, kecap asin, sambal, saos biasa dan saos pedas, merica bubuk, cuka dapur serta bawang daun disajikan di atas meja. Pengunjung dipersilakan memberikan bumbu sesuai selera. Yang istimewa adalah kecap dan saos pedas yang disediakan bukan kecap dan saos pedas biasa. Kecap manis yang disajikan adalah kecap bermerk. Sedangkan untuk saos, menggunakan saos cabe cap ‘Dua Belibis’, saos kesukaan saya yang yang rasanya pas di lidah. Secara rasa, mie ayam yang disajikan di kios ini mirip-mirip mie ayam khas bangka.

Yang istimewanya lagi adalah harganya yang ekonomis. Satu mangkok mie ayam plus bakso dan pangsit hanya Rp. 7.500,- saja. Murah kan? Jadi jika ditambah segelas air mineral dan dua kerupuk putih (kerupuk menjadi menu wajib penulis setiap makan :D) hanya Rp. 8.500,- saja.

Anda tertarik? silahkan mampir di jalan Pusdiklat Depnaker – Jakarta Timur dekat POM Bensin Pinang Ranti antara jam 09.00 pagi hingga 21.00 malam. Keramahan pak Mahmudin serta keenakan rasa mie ayam Jakarta akan membuat anda ketagihan datang kembali.

Comments
  1. dagienk says:

    Fotonya dunk ne…
    biar makin ngeces pas gw baca artikel lo .. hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s