2Ride7 Jakarta – Lombok : (Kuliner) Ayam Betutu Khas Bali

Posted: June 15, 2012 in Keluarga, Kuliner
Tags: ,

Hmmm…..Apa ya keistimewaan masakan ayam betutu khas Bali?

Itu yang sekilas penulis pikirkan saat membaca tulisan di beberapa restoran di pinggir jalan Denpasar. Penulis siang itu sedang dalam perjalanan menjemput motor penulis di Pool PAHALA EXPRESS, dimana motor itu beberapa hari sebelumnya telah dipaket daratkan dari Jakarta menuju Denpasar sebagai bagian dari rencana project 2Ride7.

Pajangan Menu Ayam Betutu

Pajangan Menu Ayam Betutu

 Nasi Campur Ayam Betutu

Bro Handoko aka Kodox, sobat penulis yang berdomisili di Kuta, yang siang itu berbaik hati mengantar penulis pun menerangkan bahwa ayam betutu adalah masakan dari bahan ayam dengan racikan khas Bali. Jadi tentu saja masakan ini hanya akan ditemukan di Bali.

Akhirnya untuk menuntaskan kepenasaran penulis, Bro Kodox menghentikan kendaraannya di sebuah warung sederhana yang bertuliskan “Masakan Khas Bali : Ayam Betutu”. Meskipun restorannya tidak terlalu besar, namun lokasinya cukup nyaman. Setelah duduk, kami pun memesan 2 porsi ayam betutu (campur) dan 2 es teh manis. Sebenarnya kami bisa memesan apa saja yang ada di lemari pajang, tapi karena bingung terlalu banyak pilihan, akhirnya penulis pun memesan nasi campur ayam betutu saja.

Tak menunggu lama, sepiring nasi campur ayam betutu segera disuguhkan di depan meja. Sebuah mangkok kuah disajikan pula sebagai pendamping. Sebagai pelengkap, penulis mengambil sebuah kerupuk udang (orang Bandung engga makan kerupuk kayaknya engga lengkap yah…hahahah). Ternyata menu ayam betutu itu berupa suwiran daging ayam yang diracik dengan bumbu khusus serta ditambahkan semacam sambal yang kental rasa bawang merahnya. Karena penulis memesan nasi campur, maka selain suwiran ayam itu masih ditambah pula sepotong tempe goreng, setengah potong telor rebus, lalapan yang direbus serta osengan kacang tanah.

Bagaimana tentang rasanya?

Bagi penulis, masakan itu termasuk golongan ‘Enak’. Karena berbagai macam rasa rempah-rempah cukup terasa di lidah. Ditambah dengan kuahnya yang hangat dan gurih…..hmmmm.

 Ayam Bututu Khas Bali

Ayam Bututu Khas Bali

“Ini siy belum seberapa kang rasa ayam betutunya……” bisik bro Kodox saat penulis bilang ayam betutunya enak. “Di langganan gue di Kuta, ada masakan ayam betutu yang lebih mantab. Ayam betutunya lebih pedas, gurih dan enak” imbuh bro Kodox yang membuat penulis makin penasaran. Penulis percaya dengan keterangan sohib penulis yang satu ini, karena walau bagaimanapun dia itu seorang koki di sebuah hotel berbintang di Kuta! Tapi tak apa lah, tetap saja semua masakan ayam betutu yang ada di hadapan penulis disantap sampai habis. Hmmm….enak!.

Bagaimana dengan harganya? Penulis menganggap harga yang harus dibayar sebesar Rp. 12.000 untuk 1 porsi ayam betutu, kerupuk dan es teh manis adalah harga yang pantas dan cukup murah.

 Ok Bro Kodox, suatu saat pasti penulis akan mencoba ayam betutu yang direkomendasikan loe…..:D

Comments
  1. catering di denpasar bali says:

    wih asiknya, satu lagi tempat makan kuliner unik di bali nih… keep posting yah… mampir juga ya ke alas daun bali klik http://goo.gl/jHt2Z

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s