Jas Hujan Bocor? Ditambal Saja!

Posted: October 25, 2011 in Motor, Others
Tags: , ,

Kejengkelan penulis saat menggunakan jas hujan yang sering bocor di daerah sambungan nampaknya sudah ke titik puncak kulminasi. Tapi kejengkelan itu membuat penulis memutar otak untuk tidak lagi merasakan rembesan air dingin masuk ke ‘daerah terlarang’ misalnya sekitar selangkangan! Jadi adakah cara jitu untuk menghindari jas hujan bocor? berikut ini kupasannya.

Penambalan Jas Hujan dari sisi dalam dengan Aquaproof

Penambalan Jas Hujan dari sisi dalam dengan Aquaproof

Hujan mulai sering turun di kawasan Jabodetabek. Selain menimbulkan kekhawatiran bagi pemilik rumah yang atap rumahnya masih bocor atau bagi para penghuni daerah-daerah tepian sungai yang menjadi langganan banjir, musim hujan ini juga menjadi momok tersendiri bagi para Biker. Bagaimana tidak, jenis kendaraan yang mereka pakai ‘beratap’ langit. Jika di jalan sudah hujan, para biker ini seringkali harus buru-buru mencari tempat berteduh (seringkali di bawah flyover) yang akibatnya memacetkan jalan. Para biker yang ‘bermodal’ dan tidak mau kehilangan waktu diperjalanan mau tak mau harus berbekal jas hujan untuk bisa tetap melanjutkan perjalanan.

Jas hujan yang umum dipakai ada beberapa macam. Dari jas hujan model ponco (sangat tidak direkomendasikan karena berbahaya), juga ada jas hujan model jas dan model terusan (celana+jacket). Untuk jenis yang terakhir, biasanya para biker banyak yang memakainya dengan harapan yang besar air hujan tidak masuk ke pakaian bagian dalam. Tapi apa daya, merasakan rembesan air di daerah sambungan seringkali tidak bisa dihindari.

Berdasarkan pengalaman, jas hujan model terusan dengan bahan plastik dan karet sangat effektif menahan air hujan tidak merembes ke dalam baju. Hal ini karena selain bahannya yang tidak menyerap air, juga penggunaan sambungan ‘PRESS’. Untuk jas hujan bahan plastik lebih cepat sobek, sedangkan jas hujan dengan bahan karet cukup tahan lama. Namun jika ternyata kita sudah membeli jas hujan dengan jenis mantel, maka dijamin jas hujan jenis ini masih bisa dimasuki air (bocor) pada daerah sambungan karena sambungan masih berupa jahitan (bukan press!), tak terkecuali pada jas hujan bermerk sekali pun.

Sebelum penulis mengadakan perjalanan bermotor ke daerah Lampung beberapa waktu yang lalu, penulis sengaja membeli sebuah jas hujan bermerk cukup terkenal. Harapan penulis saat itu, jas hujan ini benar-benar memberikan perlindungan dari air hujan selama perjalanan. Penulis cukup yakin dengan kualitas jas hujan yang dibeli karena selain bahannya cukup tebal, bagian dalam dilapis dengan lapisan karet. Sayangnya di daerah sambungan masih menggunakan sambungan jahitan meskipun si penjual menjamin tidak akan bocor karena di daerah sambungan itu dilapis lagi dengan semacam isolasi yang di press ke lapisan karet. Tapi ternyata isolasi tersebut tidak bisa bertahan lama dan akhirnya lepas sama sekali setelah dipakai beberapa kali.

Pengolesan Aquaproof pada sambungan jas hujan

Pengolesan Aquaproof pada sambungan jas hujan

Karena secara keseluruhan kondisi jas hujan masih bagus, akhirnya penulis mencari cara untuk menambal sambungan yang masih bocor. Setelah mencari-cari bahan yang cocok, akhirnya pilihan jatuh pada sebuah material anti bocor yang biasa digunakan untuk atap-atap rumah yaitu AQUAPROOF. Applikasinya pun cukup mudah. Bahan anti bocor yang berbentuk seperti lem cair berwarna abu-abu ini dioleskan dengan kuas ke sambungan di bagian dalam jas hujan. Dioleskan di bagian dalam karena masalah estetis tentunya (bayangkan jika dioleskan di bagian luar :D). Setiap sambungan dioleskan masing-masing 2 lapis, dimana lapisan pertama dibiarkan mengering dulu sebelum ditimpa dengan lapisan kedua. Setelah mengering, cairan ini akan berbentuk seperti lapisan karet dan elastis mengikuti gerakan tubuh pemakainya. dan yang penting : kedap air.

Aquaproof

Aquaproof

Penggunaan Aquaproof ini cukup effektif dalam mencegah rembesan air. Jika diperlukan, applikasi cairan ini bisa diteruskan jika ternyata di daerah sambungan masih terdapat bagian-bagian yang bocor. Jangan lupa, kuasnya setelah dipakai segera dicuci agar dapat dipakai lagi. Sedangkan kaleng Aquaproof agar tahan lama harus selalu ditutup rapat. Penulis belum pernah mengaplikasikan aquaproof di jas hujan bahan plastik. Tapi tidak salahnya dicoba juga bukan?

HH, 25 September 2011

Comments
  1. zulfadly says:

    akhirnya ketemu juga nih caranya…ga kepikir pake aquaproof euy….langsung dicoba ahh…makasih ya bang infonya…..sangat membantu

  2. arief says:

    klo lubang kecil2 kyak jarum tp banyak bisa g bos n klo pke noodrop bisa g…thanks

    • Saya rasa bisa lubang2 itu tertutup. Aquaproof hanya nama salah satu merk. Selama material lain dari merk yg berbeda mempunyai sifat yang sejenis seharusnya bisa (saya engga disponsori oleh Aquaproof lho..hehe. Ini untuk memudahkan pembaca saja mengambil manfaat dari pengalaman saya itu)

  3. e.and says:

    kalo untuk lapisan sarung mobil bagian dalam aman ga ya buat cat mobil? maksudnya biar lebih tebal n anti bocor jg. hehehe.

  4. heri5aputra says:

    Jas Hujan Ane Respiro Bagian atas sih ok banget, celananya pas selangkangan tembus hahaha. boleh juga nih pakai aqua proof tapi wana jas hujan ane kuning stabilo😦

  5. gile bisa ya,, wah bermanfaat sekali nih..

  6. BANYU says:

    Doqment itumerk apa dan brp hrgnya ?

  7. BANYU says:

    Doqment itu merk apa dan berapa harganya ?

  8. Wahyu Purnama says:

    Kalau habis dipakai kan dilipat untuk dibawa dan dipakai ketika hujan, kalau seprti itu dan dilakukan berkali” cairan aquaprof nya rusak, ngelupas atau pecah” ndak ?

  9. sirahidrus says:

    kalo jas ujan plastik biasany udah rapet kang, biasanya sih😀

  10. tendang lari says:

    Make doqment gan harga emang relatif mahal tapi ane jamin dah ga bakal tembus udah ane coba hujan badai bogor depok kering bagian dalam

  11. Sepele tapi bermanfaat. Terima kasih.😀

  12. erick says:

    titipan iklan nih

  13. dwihitam says:

    Jenius, coba ah…

  14. edotjelek says:

    nice info gan, izin share yah. eh, maksudnya mo ditulis ulang.

  15. edotjelek says:

    nice info gan, mohon ijin disadur yah…

  16. ulil says:

    klo mau lebih rapih lagi bisa menggunakan seam seal tape

  17. roy sulaiman says:

    Gan,sy punya jas hujan merk eiger..udh pake 2 thn an lah.bentuknya,lapisan dlmnya berbentuk jaring kain..kl kyk gitu..bs dipakein aquaproof jg gak ya.thanks

  18. adam says:

    lo misl pke lem silicon gmn bro isa g kra2 yw….

  19. aryo says:

    wah kreatif!! ini yang dicari2. thx😀

  20. Muh Arif Sulistiyanto says:

    Kalo yang ditambal bukan pas jahitan tetapi karna sobek bs g ya?

  21. aiv alive says:

    keren .. kreatif, patut dicoba nih..

  22. yongki says:

    bisa digunakan untuk menambal terpal yang bocor buat kolam nggak mas ?

  23. banghendri says:

    mantap tipsnya om
    perlu dicoba😀

  24. setia1heri says:

    nais inpoh
    ane juga bingung dengan celana yang selalu ngompol klo pas riding hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s