Giliran Spion Jadi Alat Kampanye Safety Riding

Posted: March 8, 2011 in Motor, Resensi
Tags: , , ,

Berbagai cara dilakukan oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) sepeda motor untuk menarik konsumen membeli produk-produk mereka. Selain mengedepankan desain produk teranyar serta sistem pembiayaan yang lebih mudah, mereka pun jeli memanfaatkan booming masyarakat yang peduli akan produk yang ramah lingkungan serta mensuport akan keselamatan berkendara (safety riding).

Untuk urusan safety riding, Honda melalui AHM (Astra Honda Motor) nampaknya terus terdepan dalam mengambil inisiatif. Melanjutkan inovasi-inovasi desain pada motor agar lebih aman, misalnya pada varian Honda Vario dan Honda Beat (mesin mati saat standar samping terbuka, tuas pengaman pada handle rem kiri), serta menyertakan slogan “jangan lupa pake helm, ya!” pada iklan-iklan mereka di media elektronik, maka kiat yang teranyar adalah penggunaan spion berlampu sein. Sayangnya penulis lupa untuk mencatat sebutan AHM untuk spion model baru ini. Tapi spion-spion ini akan terpasang pada motor motor kelas bebek dan matic dengan sebutan ‘paket plus’

Spion bersein Honda

Spion bersein Honda

Hal di atas penulis temui di salah satu dealer motor besar di Jalan Dewi Sartika – Jakarta belum lama ini. dimana  motor-motor bebek dan matic yang dipajang di showcase telah menggunakan spion dengan jenis ini. Saat penulis menanyakan pada salah seorang sales yang menemani penulis : apakah di setiap motor akan menggunakan spion jenis ini , dengan cukup yakin, pria yang cukup ramah itu menjawab bahwa sein ini hanya terpasang pada kelas bebek dan matic saja. “Selain spion berlampu sein ini, kami pun menambahkan dudukan plat nomor polisi ini sebagai bagian dari paket plus”, ujarnya. Lalu saat penulis menanyakan apakah spare part spion seperti ini sudah tersedia di jaringan-jaringan bengkel Honda (dengan harapan penulis bisa membeli juga untuk dipasang di motor penulis :D), sang sales hanya bisa mengangkat bahu tanda tidak tahu.

Spion bersein pada motor matic Honda Beat

Spion bersein pada motor matic Honda Beat

Cukup menarik ide dari AHM untuk menerapkan lampu sein pada kaca spion ini. Karena posisi spion yang ‘eye cathcing’ tentunya akan memudahkan orang lain mengetahui posisi kita dan arah kita akan membelok. Sebenarnya di pasaran sudah banyak dijual spion dengan tambahan lampu. Bahkan sekarang ditemukan juga produk handguard (biasanya dipakai di motor kelas sport/traill) yang berlampu LED. Namun kiat sebuah ATPM untuk menstandarkan spion berlampu seperti ini pada sebuah sepeda motor produksinya patut dihargai sebagai kiat yang serius mendukung kampanye safety riding di tanah air kita.

Kita tunggu saja kiat-kiat lainnya.

Jakarta, 08 Maret 2011

Comments
  1. Deni says:

    Pas beli vario kmrin dijogja spionya gratisan, kalo suruh bayar berarti salesnya aja yg mata duitan itu

  2. michael says:

    cara lepasin spionnya gmana ??

  3. mamase says:

    Wah keren euy.. ada warna itemnya ga ya? Cuman koq sayang mahal amat.. 200rb😀

  4. elang surya abadi says:

    brp y harga spion bersein honda..n ap bs dipasang dimtor dluar honda

  5. beat purbalingga says:

    ini namanya dagang spion, masa harga sdh deal, saat mo dikirim suruh nambah 275ribu karena “paket plus”, dan cuma plus spion sj. masih kurang untungnya pa gimana? karena sdh indent 1 bulanan, dripada nunggu lama lg akhirnya dg terpaksa, diambil jg……………..

  6. anthon says:

    Emang spion lampu kualitas cerminnya ada yg bagus ya ? karena rata2 spion variasi kurang bisa diandalkan utk memantau belakang selain posisinya sering mudah bergeser oleh terpaan angin. Nanti kalau bro udah pasang spionnya, share ya..

  7. irfan says:

    ane malah pengen visor nya gan………..dijual terpisah nggak ya,,soalnya bagus tuh/…

  8. Adnan says:

    DijuL KETENGn D g Y ???,.hehehe..^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s