Pada suatu kesempatan mengunjungi Training Center PT. Astra Honda Motor (AHM) yang terletak di daerah Sunter – Jakarta Utara, Penulis berkesempatan melihat andalan terbaru AHM dari segmen motor matic yaitu HONDA SPACY – Helm in AT.
Dengan dipandu bapak Nyoman Kesawa (Department Head HC3), bapak Atmojo Adjie (AHM Product Quality Engineering) serta bapak Sarwono Edhie (AHM Trainee), motor matic yang dipajang di front desk AHM Training Center ini diperkenalkan sebagai motor matic yang memiliki beberapa kelebihan di kelasnya, diantaranya :
- Ruang Bagasi di bawah jok yang paling luas di kelas motor matic. Berkapasitas 18 liter, bagasi ini mampu menampung barang-barang bawaan sehari-hari termasuk helm full face sekalipun. Tak heran jargon yang diusung motor ini pun berkaitan dengan keleluasaan (space) serta kemampuannya menampung helm (helm in).
- Kapasitas tangki bahan bakar yang mampu menampung 5 liter BBM. Bandingkan dengan Honda Vario yang hanya bisa menampung BBM di kisaran 3 literan.
- Tempat duduk/jok yang lebih panjang dan luas
- Konsumsi bahan bakar yang cukup irit seperti halnya generasi pendahulunya. Dengan menggunakan Honda V-Matic Engine, mampu menempuh jarak hingga 41 km/liter.
- Auto Headlight On alias lampu depan otomatis menyala saat mesin dihidupkan. Sejalan dengan regulasi pemerintah yang mewajibkan motor menghidupkan head lamp saat digunakan di jalan.
Ketika penulis menanyakan mengapa Honda memproduksi motor matic Honda Spacy pada saat Honda Vario, Honda Vario Techno/CBS atau pun Honda Beat dan Honda Scoopy masih diserap dengan baik oleh pasar matic di Indonesia, maka dengan diplomatis, bapak Nyoman menerangkan bahwa selain strategi pasar, motor matic Honda Spacy memang mempunyai segmen pasar yang berbeda dengan motor matic yang telah dikeluarkan sebelumnya oleh AHM. Untuk memudahkan, pak Nyoman menjelaskan perbedaan segmentasi itu dalam model iklan yang telah ditayangkan di televisi. Jika iklan Honda Beat dibintangi oleh artis Cinta Laura dan Afgan yang mewakili remaja, iklan Honda Vario dibintangi oleh artis Agnes Monika dan Daniel Mananta mewakili dewasa single, iklan Honda Scoopy yang dibintangi personil band Viera mewakili penggemar genre retro, maka Honda Spacy dibintangi oleh artis Bunga Citra Lestari dan suaminya Asrap Sinclaire, yang mewakili keluarga muda. Dengan demikian, AHM berharap Honda Spacy ini dapat diterima oleh segmen pasar para keluarga muda yang tentunya membutuhkan space yang lebih besar, baik dari sisi penumpang maupun dari sisi barang bawaan.
Berikut ini spesifikasinya (istilah dalam brosur Honda Spacy : Spacyfication :D) :
- Panjang x Lebar x Tinggi : 1841 x 660 x 1094 mm
- Jarak sumbu roda : 1256 mm
- Jarak terendah ke tanah : 128 mm
- Berat Kosong : 97 kg
- Type rangka : Tulang punggung
- Type suspensi depan : Teleskopik
- Type suspensi belakang : Lengan ayun dengan shock breaker tunggal
- Ukuran ban depan/belakang : 80/90 – 14M/C 40P – 90/90 – 14M/C 46P
- Rem Depan/belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal – Tromol
- Kapasitas tangki BBM : 5 liter
- Type mesin : 4 langkah, OHC
- Sistem pendinginan : Kipas (fan cooling)
- Diameter x langkah : 50 x 55mm
- Volume langkah : 108 cc
- Daya Maksimum : 6,28 kW (8,54 PS)/8000 rpm
- Torsi Maksimum : 8.03 N.m (0,82 kgf.m)/6000 rpm
- Kapasitas minyal pelumas mesin : 0,7 liter
- Kopling : Otomatis, V Matic
- Starter : Pedal dan electric
- Aki : MF Battery, 12V – 3 Ah
- Busi : NGK CPR8EA-9, Denso U24EPR9
- Sistem pengapian : DC – CDI digital
- Karburator : VK22 x 1
- Lampu depan/senja : 30W x 1 – 3,4W x 2
Dengan dipasarkannya Honda Spacy di pasaran motor matic Indonesia, maka persaingan untuk merebut pasar masyarakat Indonesia semakin ketat dan beragam. Namun dengan begitu, konsumen dimanjakan dengan banyaknya pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Yang patut dihargai adalah AHM tetap memprioritaskan faktor keselamatan (safety riding) yaitu dengan berani memasang fitur ‘Auto Headlight On’ pada motor ini, yang penulis rasa adalah salah satu motor pertama yang menggunakan teknologi ini di Indonesia.
(HH – 21 Mei 2011)
nama aslinya honda dio gan….
oh, thanks inputnya.
saya merasa puas telah menggunakan honda spacy , ditunggu modifikasi yang baru dari honda spacy….
Aku juga punya Spacy yang baru, cuma kalau ketemu poldur, gusrak….mentok bawahnya. Bagaimana solusinya ? Apa ketinggian poldurnya?
Setau ane, memang produk matic Honda agak lebih ceper and rebound shocknya lebih dalem.
terlalu Rendah belakangnya klo goncengan suka kena!
Setau ane, memang matic keluaran Honda suka agak mentok kalo ketemu poldur. Dimulai dari Vario….:D
gan pang tnya dung, pgn ambil spacy tp bingung warna apa ya? sbnrya si suka putih, tp lecet/kotor dikit keliatan bgt, kasih referensi warna dong gan, selain putih apa ya.??
he….info aja, aku sdh pake motor ini baru aja 2minggu,,rasanya beda broow, irit banget di kantong.. gw isi bensin kemaren aja full thank buat wara-wiri jakarta,, trus besok paginya isi lagi gak sampe 2liter sudah luber-luber,,,,,cek-cek-cek,,gw sampe heran. tarikannya ama dudukan bokongnya mangstabp,,,broow,,, gak nyesel dah,,,,,pake spacy tambah happy,….
Syukur deh brow…..semoga infonya bermanfaat
Akhirnya ku Pilih Spacy yang PGMFI
Mantab gan….
motor yang bagus
Ada beberapa temen yang kurang cocok dengan bagian belakang motor ini. Tapi relatif ya om…:D
bensinnya lebih irit mana ya dengan beat?
claim dari AHM siy, Spacy lebih irit daripada Beat……
helm yg di pake BCL di iklan honda spacy merk & tipe’na apa ya? Mohon bantuan’a suhu..
Waduhhh….saya engga sejauh itu ngamatin helm nya BCL 😀
ada gak yang mau beliin u/ aku….hehehehehehehe…
tp aku suka sejak pertama kali liat di iklannnnn…soal body atau mesinnnn, aku angkat tangannnn…tp soal bagasiii, i love it…secara bawaaannn banyakkkk euuyyyy…ngarep matic bs jadi my 1/2 second homeeee….hehehehehehe…plus ama ‘auto headlight on’, suka banget dechhhhhhh
Minta donk sama mas nya :p.
Memang fitur2 SPacy memberikan value lebih dari motor2 sebelumnya….
“Yang patut dihargai adalah AHM ikut serta memprioritaskan faktor keselamatan (safety riding) yaitu dengan memasang fitur ‘Auto Headlight On’ pada motor ini, yang penulis rasa adalah sebuah langkah tepat mengikuti tren motor produksi baru yang menggunakan teknologi ini di Indonesia.”
🙂
Yang patut dihargai adalah AHM tetap memprioritaskan faktor keselamatan (safety riding) yaitu dengan berani memasang fitur ‘Auto Headlight On’ pada motor ini, yang penulis rasa adalah motor pertama yang menggunakan teknologi ini di Indonesia.
(HH – 21 Mei 2011)
ngarang ah,….axelo udah duluan new jupiterz juga udah
Hmmm…..gitu ya. Trims infonya bro.
Kalo gitu tulisannya saya menjadi :
……Yang patut dihargai adalah AHM tetap memprioritaskan faktor keselamatan (safety riding) yaitu dengan berani memasang fitur ‘Auto Headlight On’ pada motor ini, yang penulis rasa adalah salah satu motor pertama yang menggunakan teknologi ini di Indonesia.
(HH – 21 Mei 2011)