Modifikasi Honda New Mega Pro : Pemasangan Stang Lebar

Posted: May 20, 2011 in Motor, Others
Tags: , ,

Menyambung tulisan penulis tentang modifikasi Honda New Mega Pro untuk setelan perjalanan jauh (touring) yang meliputi :

  1. Pemasangan bracket rear box (baca selengkapnya disini)
  2. Pemasangan stang lebar
  3. Penggantian ban lebar
  4. Penggantian handle kopling/rem depan
  5. Lampu tembak
  6. GPS

Berikut ini kelanjutan atas rencana modifikasi tersebut.

2.  Stang Lebar :

Pemasangan bracket rear box sudah penulis laksanakan (baca disini untuk tulisan lengkap). Tahap selanjutnya penulis merealisasikan pemasangan stang lebar (stang baplang) pada motor penulis. Pemasangan stang lebar tersebut dirasakan perlu setelah penulis merasakan pegal pada pergelangan tangan setelah melaksanakan perjalanan jauh belum lama ini. Setelah berkonsultasi dengan beberapa teman yang sering melakukan perjalanan jauh, maka diambil kesimpulan bahwa stang standar pada motor penulis, Honda New Mega Pro 150cc (NMP), nampaknya perlu diganti dengan stang yang lebih lebar agar lebih nyaman. Setelah mencari di beberapa toko part motor di bilangan Kramat Jati – Jakarta Timur, akhirnya penulis mendapatkan sebuah stang yang nampaknya cukup mumpuni untuk mengganti stang standar di motor NMP penulis.

Stang Lebar Setelah Terpasang di NMP
Stang Lebar Setelah Terpasang di NMP

Stang lebar bermerk ‘BAROS Racing’ ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut :

  • Panjang (dari ujung ke ujung)                    : 80 cm (standar : 68 cm)
  • Jarak dari as bracket ke titik tertinggi    : 12 cm (standar : 20 cm)
  • Diameter stang (luar)                                     : 1” (standar : 1”)
  • Accesories                                                          : Begel pemegang tengah, berdiameter 0,25”, berfinish senada dengan rangka utama.
  • Finishing                                                              : Stainless steel bertekstur sand blasting (standar : stainless stell mirror finish)

Pada bagian tengah terdapat garis-garis grip agar tidak licin saat di ‘pegang’ oleh bracket stang NMP.

Penambahan Riser pada Stang Lebar
Penambahan Riser pada Stang LebarTampak Depan NMP Setelah dipasang stang lebar

Dengan harga Rp. 160.000 (termasuk pasang), stang baru ini segera terpasang di NMP penulis, tentunya dengan penyetelan komponen-komponen saklar lampu, handle kopling dan spion. Setelah menyadari bahwa ternyata stang lebar ini lebih rendah daripada stang standar sehingga posisi riding pun menjadi agak membungkuk (dan ini tidak nyaman), maka besoknya penulis membeli penyambung (riser) dari bahan allumunium seharga Rp. 45.000,-. Dengan penambahan riser ini, akhirnya tercapai posisi riding yang lebih ideal. Sayangnya riser yang penulis beli tidak pas di bracket standar NMP, sehingga perlu penyetingan di bengkel bubut dengan biaya Rp. 25.000,-. Oh ya, tidak lupa penulis membeli tutup lubang stang kiri-kanan (jalu) dengan harga Rp. 20.000,-. Sehingga total biaya pemasangan stang baplang di NMP menjadi Rp. 250.000,-

Setelah penggantian stang, penulis merasakan sensasi baru. Selain pegangan tangan lebih melebar, rasanya posisi riding menjadi lebih mantab serta penampilan NMP penulis terlihat lebih ‘sangar’. Yang perlu dicermati adalah perlunya waktu untuk beradaptasi dengan lebar stang yang 12 cm lebih panjang dari stang standar (terutama saat jalanan macet) serta saat akan berputar 180 derajat karena otomatis tangan kita harus lebih ‘memanjang’ dari biasanya. Hal ini menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan ketika mengganti stang standar menjadi stang lebar.

(HH – 20 Mei 2011)

Comments
  1. fajar nugraha says:

    salam kenal mas, saya pengguna cs1 yg stangnya ud modif baplang pke stang byson,,kira” jalu yg pas buat nutup lubangnya pke punya apa ya ?makasih

  2. mr.kopeto says:

    itu raisernya mentok ke kunci tidak?(pas buka kunci magnet)

  3. Bro mau tanya , bengkelnya di kramat jati mana ya ? saya udah muter muter cari bengkel karna mau ganti stang tapi gak ada yg bisa.. motor saya Honda CS1 , mau ganti stang model baplang gitu , ane daerah bintara .. trimakasihh salutee !! 🙂

  4. Akbar says:

    kalo untuk touring pake new tiger revo cocoknya pake stang apa ya bro ?

  5. Makhroji says:

    slm knal mas broo..
    saya mau tanya, saya punya motor mega pro, nah masalah nya penyakit nya itu ada di stangnya jadi kalau mau belok terasa berat, itu harus di apain yaa mas brooww, tolong penjelasannya..

    • @Bro Makhroji : Stang yang berat bisa terasa di motor apa saja. Kuncinya ada pada penyetelan komstir dan tekanan ban. Pabrikan sudah punya standar untuk kedua hal tersebut. Minta ke mekanik di bengkel anda untuk menyetel kedua hal tersebut sesuai dengan selera anda, tapi TANPA MENGABAIKAN SAFETY FACTOR yg sudah ditetapkan oleh pabrik

  6. Mas, minta pendapatnya donk..
    Saya pengen ganti stang, tapi masih ragu buat ganti atau tidak..
    Kira-kira kelebihan kalau ganti stang atau tidak apa ya??
    Saya sering touring, jadi rekomendasinya ganti atau tidak ya Mas??
    Makasih ya Mas.. Salam “Satu Hati”.. 🙂 b

    • @Mas Septian : Sebaiknya penggantian stang benar-benar mempertimbangkan fungsi. Untuk motor daily use (aktifitas sehari2) sebaiknya menggunakan stang standar (karena pakai stang lebar akan menyulitkan manufer), bahkan untuk aktifitas touring pun saya menyarankan pakai stang standar pabrikan. karena stang ini sudah teruji kekuatannya. Jika menggunakan stang variasi, biasanya perlemahan ada pada braketnya yang sering oblak, jadi kalau ketemu jalan semi off road akan berbahaya

  7. yunan says:

    om ane butuh penerahan 😀
    kalo NMP ane pake stang byson trus pake raiser peninggi yg kebelakang mentok tangki ngga ??
    trims…

  8. oleh agung says:

    salam kenal.
    om mau tanya klo NMP saya di kasih fairing R6 bisa ga za? dan nyarinya dimana?
    terima kasih

  9. ferry tagor says:

    Salam kenal dulu mas bro.. Sesama pemakai nmp…

  10. abuyaziid says:

    lam kenal gan, skalian mo tanya… apa sdh ada yg produk aksesoris pengganti shroud NMP selain fairing? (klo fairing ane dh pake soalnya). penennya yg simple2 aja ky shroud tiger atw vixion gitu gan…

  11. wandra says:

    slm kalnal mas hendra,,
    sya pengguna NMP,, mw ganti vleg jari jari,,,
    sdangkan NMP sya tpe cw, gmna y mas untuk tromol belakangnya.
    tromol belakang punya ninja bisa gak ?

  12. wasis says:

    kalo ganti stang baplang… gimana sama kabel- kabelnya ganti juga gak?? makasih

  13. anjar says:

    ane pke NMP 2011, stangx ane ganti stang suzuki TS bro, riserx dikasih temen…:-D
    nyaman juga…:-)
    shockx ane tinggiin pke pangkon jupiter…menurut mas bro..baikx dikasih pangkon (riser) atau t4 shockx yg atas tu qt las…?????

  14. rizki SP says:

    salam kenal mas bro
    saya mw tanyak mas.. klaw shockbreaker belakang sya tinggikan bisa berpengaruh besar gak sama kekuatan dan kecepaannya apabila ada beban/boncengan??
    mohon pencerahannya mas..

  15. deddy says:

    mau tanya bro, kalo nmp cw mau dganti jari” kira” tromol belakang berapa duit ya bro,,.,
    terimakasih

  16. teguh sutopo says:

    satu lgi oom ,klw mo gnti kenalpot rising suara mirip punya ninja 4tak ada engga??merk dan harga brp??,trims””

  17. teguh sutopo says:

    lam kenal om,?,aku mo nanya klw pasang setang tiger revo ke nmp komponen apa aja yg di ganti? harganya brp?,maksh sblmnya om”

  18. tri18 says:

    1 lg oom,,tas yg di tanki bensinnya bli dmn oom??trs hrgnya brp oom,,,thx oom sblmnyaa,,

  19. tri18 says:

    lam knl oom,,,mw nanya oom bli stangnya dikramat jati nama tokonya aapaan oom,,ane naksir ney ma stangnyaa,,hehehe

  20. salam kenal bro

    mau tnya nih kan beberpa hri yg lalu tu NMP ku baru aja nabrak tu lampunya sih pecah,
    klo saya belikan lampu bulat tu bagus gk. trus kira2 nmbhnya apa aja..

    • Wah..sayang banget ya mas. Salah satu ciri NMP ya batok lampu depannya itu. Kalo berniat mau ganti jadi lampu bulat siy syah2 aja. Hanya tampilannya mungkin agak lain. Yang terpenting adalah kalo mau ganti lampu depan dengan yang bulat ya pegangan buat lampunya itu (yang konstruksinya terkadang nyatu dengan plat nomor), harus disesuaikan lagi dengan pegangan swing arm.

  21. wondo says:

    mas bro ,,,,,,,kpala megapro ane kan pecah,rencana mo di ganti pake megapro lama ,,,,,,,,,,,bagus ga yah,,,,,,,,

  22. kumis jmpc says:

    bro kok npm gw pake reiser stang nya mudah goyang alias gak bs senter !!!!
    itu masalah nya d reiser nya apa g mana !!!

  23. Asep says:

    Boss mau Tanya klo mau modifikasi alamat bngelnya dimna ya,,..!!!

    • Jika masih bisa dikerjakan dengan peralatan yang ada di rumah, saya pasang sendiri. Tapi jika harus melibatkan pekerjaan las & bubut, saya cari ke bengkel terdekat mas. Coba ke bengkel modif yg cukup terkenal (KMS) di daerah kampus BINUS – Jakbar.

  24. vincent says:

    Salam kenal Mas bro..
    Saya vincent dari Karawang.. 🙂
    Mas bro saya lagi cari box dan bracket untuk NMP yang cocok apa ya?dan merk yang bagus apa?
    Kalo untuk stang dan engine protector saya sudah pasang sama seperti yang mas bro posting..
    Mohon masukannya..
    Terima kasih..

    • Box yang digunakan utk NMP diusahakan dengan kapasitas diatas 40L, sehingga seimbang dengan body. Merknya cukup banyak, misalnya saja GIVI, SHAD, KAPPA & KMI. Untuk bracket juga banyak jenis. Di beberapa toko variasi, bracket seperti ini sudah tersedia. Bracket yang saya pakai merupakan Handmade by bengkel modif Edward di Bekasi. Silahkan baca pada artikel di Blog saya yang membahas tentang bracket untuk rear box.

  25. Irwan says:

    NMP nubi pake setang tiger revo asli nyaman.. Nubi pernah pake Setang baplang merk HDS, bentuk persis spt merk baros.. Pake setang baplang yg nubi rasa terasa sangat membuat lengan dan punggung bagian sayap terasa sangat pegal dan nyeri dalam perjalanan jauh.. Kemudian nubi memutuskan u/ kembali menggunakan stang tiger revo.. Baru hari ini nubi rubah kembali..berikut ulasan mengenai dampak stang baplang yg nubir rasakan.

  26. mugiarto says:

    Mas salam kenal

  27. Nico says:

    slam NMP , mau mnta sran ni gan , sya mau modif mtor NMP jd motr touring , biasanya yg d gnti ap aj ya ? klo mslah shocbreaker yg d tinggikn gmna gan ?

    • Sebenarnya setiap motor dari pabrikan mempunyai peruntukannya masing-masing. Hal ini menyangkut desain rangka, kapasitas mesin, kenyamanan berkendara jarak jauh, dsb. NMP (dan kebanyakan motor berkelas sport yang dipasarkan secara umum) tidak diperuntukkan untuk touring tapi hanya untuk penggunaan harian (NMP digadang2 oleh pabrikan sebagai model ‘street fighter’ :D). Namun agar bisa nyaman utk touring (yang biasanya berlangsung lama dan trek yang variatif), maka rider perlu diperhatikan hal-hal seperti : Ban, Pelek, lampu tambahan, klakson, engine guard, winshield, handshield, box (utk membawa barang tambahan), GPS, alat komunikasi & dokumentasi, dan banyak lagi.

  28. jevry says:

    brow bgmn klo stang new megapro d ganti pnyax ninja. Mhon pncrmhx. Thanks

  29. budi says:

    salam NMP mas..
    saya budi, september kemaren baru pake NMP dan enjoy bgt. saya rencananya mau ganti stang baplang merek baross plus raiser. minta dishare pengalamannya… kabel gas sama kopling jadi kenceng bgt ga? jd potensial cepat aus…

    thnks mas one…

    • Hallo mas Bro. Diawal saya pake stang baplang, saya baru sadar kalo kabel rem depan dan kabel kopling jadi tegang karena pengaruh stang yang lebih lebar. Utk kabel rem masih lumayan bisa diakalin (dicari jalan yang kabel yang lebih pendek). Tapi untuk kabel kopling, agak susah karena masih tetap tegang. Akhirnya saya dapat ide yang sederhana, tapi ternyata cukup pas. Kabel kopling yang awalnya masuk ke ring asli pabrik (di las ke rangka) saya keluarkan. Lalu saya pasang ring yang biasa dipakai untuk menggabung anak kunci di ring asli itu. Selanjutnya kabel kopling saya masukkan ke ring tambahan tadi. Intinya adalah menambah semacam ring pemegang tambahan. Alhamdulillah kabel tidak tegang lagi. Simple but it’s work!

  30. irwan setiawan says:

    mas bro …/ pencerahanya dong klu sy mau ganti stang lebar yg bgs modelny yg bgmn …..? klu sy mau mengganti ban depan atau belakang ..kira kira agar nampak lebar pakai ukuran berapa ,mas …! mohon pencerahanya ……..

    • Yang perlu diperhatikan saat membeli stang lebar : posisi untuk dudukan daklar lampu, grip kopling/rem serta spion harus dipastikan pas, jangan sampai miring. Utk ban, saya belum mengganti ban dari yang standar bawaan pabrik. Karena yg standar bawaan pabrik pun sudah cukup mumpuni. Tapi jika tetap mau ganti, bisa memakai ukuran yang dipakai Yamaha Byson, dengan resiko beban motor makin berat.

  31. Marcell setiawan says:

    Om..kalau jam digital yang ada pada new honda mega pro salah gimana ngatur nya

    • Cara merubah jam digital ada di buku petunjuk NMP dan sudah saya pernah praktekan. Pertama tekan agak lama dua tombol secara bersamaan (tombol reset dan tombol select). Nanti jam digital di spedometer akan berkedip. untuk merubah tinggal memencet tombol select atau reset lagi. jika tidak dipencet agak lama, maka jam akan dianggap sudah benar. Selamat mencoba

  32. dony says:

    mas saya mega pro lover…saya pengen tanya new mega pro saya setelah di tinggikan kok malah limbung pas di tikungan kenapa ya mas

    • Setiap penambahan/pengurangan bagian dari motor sebagai bagian dari modifikasi pasti ada resiko terhadap desain awal kendaraan secara keseluruhan. Kekuatan, bobot kendaraan, keseimbangan, kestabilan, adalah beberapa hal yang akan terpengaruh karena modifikasi itu. Kadang2, modifikasi di satu bagian bisa berpengaruh ke bagian yang lain.

      Saya kurang jelas bagian mana dari NMP Bro Doni yang ditinggikan. Jika misalnya yang ditinggikan adalah shockbreaker misalnya, tentu saja peninggian shockbreaker bisa berakibat keseimbangan motor tidak seperti asalnya karena karena titik2 simpul momen dan pembebanan kendaraan sudah bergeser dari desain awal……mungkin itu sedikit review saya.

      • dony says:

        terimakasi penjelasannya mas,kebetulan yang saya tinggikan shocbreker belakang motor new mega pro saya mas bro kurang lebih 2 cm…

  33. Hey
    Can u send me your bike’s picture to me I own Honda DAZZLER that’s ther indian version of mega pro..

    Thanks in Advance
    Nikhilesh
    nikhileshadiyala@gmail.com

  34. ubrium says:

    salam kenal..sesama pengguna New Megapro )

  35. dedet says:

    salam kenal om,,,,saya pake NMP mau ganti dengan stang jepit yang cocok apa ya,,,trus yang bagus merk apa y..
    trima kasih om

    • Harusnya di pasaran sudah banyak yang jual. Sebaiknya jangan sesekali menggunakan stang jepit dari bahan babet. Stang adalah salah satu komponen utama motor, jadi jangan menggunakan accessories sembarangan. Saya pribadi tidak menyarankan menggunakan stang jenis stang jepit di NMP.

  36. beppe says:

    bro hendrawan,,

    thanks atas pencerahannya,,
    ane mau tanya lagi nih bro
    klo untuk mono shock nya NMP bro ada perubahan nga apa tetep pake mono shock standar pabrikan ??
    klo mau di ganti yg bagus apa y bro ???

    mohon pencerahannya lagi nih bro,,,hehehehehhe

  37. beppe says:

    salam kenal bro

    mau tanya klo ganti stang NMP pake stang byson terus di tambahin riser,,itu kunci magnetnya nga ke gangu kan ?? takutnya nga bisa kebuka karna posisi kunci NMP kan miring,,

    mohon pencerahannya bro

    • Sejujurnya, memang setelah pemasangan riser mengakibatkan kunci magnet tidak bisa diputar dengan sempurna karena kunci terhalang oleh riser. Tapi saya menemukan trik sederhana untuk membuka kunci magnet, yaitu dengan menggoyang-goyangkan sedikit anak kunci di kunci magnet NMP, setelah agak longgar tinggal kita memutar tuas yang ada di kunci magnet ke arah buka. Saya anggap kesulitan membuka kunci magnet sebagai pengaman tambahan agar kunci tidak mudah dibuka :D.

  38. beppe says:

    bro salam kenal

    mau tanya nihh,,klo ganti stang lebar itu ganggu kunci pengaman magnet nga ??
    karna saya baca di beberapa postingan tetangga sebelah
    itu ganggu kunci pengaman magnet
    satu lagi,,nama bengkel pas beli stang apa namanya and alamatnya bro sekalian,,hehehehehe,,
    mohon pencerahannya bro,,,thanks sebelumnya,,,

    • Seperti yang pernah saya jawab, Sejujurnya, memang setelah pemasangan riser mengakibatkan kunci magnet tidak bisa diputar dengan sempurna karena kunci terhalang oleh riser. Tapi saya menemukan trik sederhana untuk membuka kunci magnet, yaitu dengan menggoyang-goyangkan sedikit anak kunci di kunci magnet NMP, setelah agak longgar tinggal kita memutar tuas yang ada di kunci magnet ke arah buka. Saya anggap kesulitan membuka kunci magnet sebagai pengaman tambahan agar kunci tidak mudah dibuka :D. Stang model seperti itu sudah banyak yang jual. Tapi waktu itu saya beli di Galaxy Motor – Kramat Jati (jakarta Timur), depan Ditbekangad.

  39. yon says:

    bro..kl pakai stang lebar utk NMP tali kopling dan rem ga perlu di ganti jg ya? rentan putus ga kl touring.trims jawabanya.kirim ke email saya bro.

  40. krisno says:

    saya sudah coba pasang, tp sayang kunci pengaman kunci kontak ga bisa ke buka ada ide

    • Memang, agak sedikit sulit saat membuka kunci magnet pengaman kunci kontak. Tapi dengan sedikit trik (kunci magnet dimasukkan di lubangnya lalu sedikit digoyang-goyang supaya agak membuka. Setelah membuka sedikit tinggal geser tungkai pembukanya), maka kunci pengaman bisa langsung dibuka. Anggap saja sebagai pengaman tambahan :D.

  41. Neo says:

    Bro tolong full pic tampak depan kek gimana? Segarang apa jadinya.. Hehe

  42. nur hidayat says:

    bro…salam kenal…
    ane pasang riser juga nih..
    pake AHRS, tapi g perlu k bengkel bubut…tinggal plug n play…

    sempet ane posting di marih
    http://honda-megapro.or.id/viewtopic.php?f=3&t=4972

  43. dhaniubhan says:

    lam kenal om, saya jg pake nmp 2011 udah pasang rear box en stang byson pengen engine guardnya dong hehehe

  44. […] Komentar « Modifikasi Honda New Mega Pro : Pemasangan Stang Lebar […]

Leave a reply to Neo Cancel reply