Menyambung tulisan penulis tentang modifikasi Honda New Mega Pro untuk setelan perjalanan jauh (touring) yang meliputi :
- Pemasangan bracket rear box (baca selengkapnya disini)
- Pemasangan stang lebar (baca selengkapnya disini)
- Penggantian ban lebar
- Penggantian handle kopling/rem depan
- Lampu tembak
- GPS
Berikut ini pemasangan Engine Guard (Pelindung mesin) yang sebelumnya belum tercatat dalam rencana modifikasi tersebut.
7. Engine Guard (pelindung mesin) :
Pemasangan engine guard di Honda New Mega Pro 150cc (NMP) dirasakan perlu oleh penulis. Selain sebagai rangka pemegang lampu sorot/lampu tembak, juga untuk menahan benturan langsung ke mesin jika motor terjatuh ke arah samping. Engine guard yang penulis maksud disini adalah sebuah konstruksi pipa yang dibentuk melengkung ke arah sisi luar mesin (samping bawah tangki).
Adapun konstruksi engine guard yang penulis beli di toko spare part motor di jalan Kramat Jati – Jakarta Timur ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut :
- Panjang (dari atas ke bawah) : 25 cm (pilihan lain panjang 50 cm)
- Jarak (dari sisi terluar) : 54 cm (terpasang di motor)
- Diameter pipa besi (luar) : 1,5”
- Accesories : Bracket untuk pemasangan lampu tembak/horn
- Finishing : Cat gloss enamel (pilihan lain finish stainless steel mirror)
Penulis tidak melihat adanya merk pada engine guard ini sehingga menganggapnya sebagai home industry made. Namun demikian, konstruksi engine guard ini cukup mumpuni setelah terpasang. Dengan harga Rp. 130.000 (termasuk pasang dan penambahan besi plat t=5mm untuk pemegang bagian bawah), engine guard ini terpasang dengan gagah menambah kegarangan body NMP penulis.
Penulis tidak memasang engine guard dengan panjang 50 cm karena di NMP tidak bisa dipasang, dikarenakan di NMP terdapat firing di samping tangki yang memanjang hingga ke samping mesin.
(HH – 20 Mei 2011)
Terima kasih atas smua pengalaman khususnya pengguna NMP…..maju trus dan saling mengisi…
Sama-sama mas, semoga bermanfaat.
mau nanya untuk engine guardnya berapa mili??
@Sahara : Maaf saya tidak sempat mengukur tebal pipa engine guardnya. Tapi untuk plat pemegang saya pakai plat strip tebal 5mm. Saya beberapa kali pernah kecelakaan (jatuh), dan terbukti konstruksi ini cukup kuat melindungi mesin & tangki.
Ane mw gan, titip beliin donk + ongkir ke sda.
Nope agan brp?
Hallo bro, silahkan japri ke email saya hhadiyat@gmail.com
Keren…. ane mw gan. Titip beliin donk…
Nope agan brp?
Kalau saya lihat sih besinya itu, masih tipis ya om?
Lagian harganya cuma 130.000 (maaf om bukan merendahkan).
Soalnya saya pasang di Tirev harganya 200.000, plat dan besinya bisa dikatakan tipis..diketek aja langsung bisa goyang tuh saking tipisnya.
Akhirnya saya berinisiatif untuk custom , ya lumayan lah harganya >400.000, tapi sesuai dengan fungsinya –> untuk melindungi dari benturan, dan bisa dikatakan besinya termasuk tebel, lebih dari 2mm 😀
Bagus lah bro kalo bisa dimaksimalkan. Memang jika mau bagus n kuat lebih baik custom. Ane merubah di platnya saja karena bawaan dari toko terlalu tipis (3mm) jadi ane minta rubah jadi 5mm. Yang lain masih standar. Kalo mau lebih tebal besi EG nya berarti semakin berat juga ke motornya kan :D. Tapi ane udah beberapa kali jungkir balik selama touring (Jakarta, Bromo, Besakih-Bali), ini EG cukup mumpuni melindungi engine motor & tangki (termasuk kaki kita juga :D).
mas broo, ane pernah liat NMP yg pake rangka di sisi kiri n kanannya seperti CB150
kira kira berapa harganya ya mas..???
bro ane gi nyari velg chemco buat NMP, tau ga di tko mna, mksh info nya
ane mau beli buat honda blade, di mna ya gan.
ane daerah jak-pus, tolon info’a dong…
Banyak mas bro di toko accesories motor. Tapi biasanya harus agak dimodif sedikit di bracketnya.
Bang sy boleh pesan gak engine Guardnya ? alnya di kota saya (Palu) sulit dapatkan Engine Guard….
@Bang Affandi : Silahkan japri email ke hhadiyat@gmail.com
bro mau nanya persisnya di toko apa bro namanya? ane mau beli yang model kayak gitu blm dapet? thanks
Wah…banyak banget tuh yang jual. Galaxy motor mas.
Salam Satu Hati…
Mas bro, ada tau gak yang jualan EG kayak punya mas bro yah Online?? Saya udah keliling2 didaerah ane gak nemu… Trima kasih sebelumnya..
Kalau mau saya bisa belikan 😀
sy jug mw pesan …..brapaan tuh bang + ongkir smpe Palu sulawesi tengah . . . .
@Bang Affandi : Di lokasi bang bro tidak ada yang jual ya?
salam masbro,
ane tertarik EG masbro. bisa kasi info nya lebih lanjut masbro? klo boleh ane transfer tolong belikan.. hhe :D. thanks masbro.
email q : nugroho.usm@gmail.com
@Mas Nugroho : Mas domisili di mana?
ane di semarang masbro. gmn? bsa masbro?
Engine guard dari pipa fungsi banget bro, kemarin sempat nyesel, belum sempat pasang motor ane (Meggy 160) dah jatuh n tangkinya kena. Sy pikir kalo ada engine guard itu akan lebih melindungi.
Artikelnya bagus2.. lanjutkan…
Betul om. Saya masih mikir mau nambah engine guard di bawah mesin (pake plat) n spakbor kolong. Hanya belum kerealisasi aja. Thanks atas supportnya…..
aku udh pasang plat di bawah mesin, tp kelupaan bikin lubang utk buka baut oli..:)
hahahahha…..bener juga. harus dipikirkan tuh lubang buat buang oli :D. thanks masukannya bro!
beli pelindung mesin brpa???
dmna belinya????
thanks…
Udah banyak om di toko accesories. Harga silakan baca di comment bawah ya….lupa 😀
om,,,saya mau pake engine cover ( saya gak tau nama nya ) yang di pakai untuk nutupin mesin supaya kotoran gak gampang masuk….ada gak om
harga nya kira2 berapa y…
yang bagus merk apa …
trima kasih om
Makasih om udah masuk ke blog saya. Terus terang saya juga tertarik untuk memasang engine cover (di bagian bawah kan?) seperti yang di pasang di Yamaha Tenere. Di pasaran saya belum nemu yang jual produk ini khusus untuk NMP. Tapi menurut saya bagusnya buat custom aja di bengkel, dibuat dari plat besi. Selain akan terlihat lebih gagah, juga akan melindungi engine dari benturan tonjolan di jalan……
apanya yang modif ? cuma pasang engine guard aja gak perlu diposting bro…
Hahahaha…..justru saya jadi pengen tanya ke mas bro Megaproholic. Hakekat modif itu apa? modif itu merubah sesuatu dari standar menjadi tidak standar dengan mengurangi atau menambah komponen/elemen tertentu.
Nah, saya kan menambah engine guard, jadi termasuk modif donk :D. Masalah banyak atau tidaknya yang dimodif itu masalah selera. Toh cukup banyak yang terinsirasi dengan postingan saya ini.
Yahhh….mungkin yang dimaksud modif ala mas bro adalah merubah bentuk asli motor sampe edan-edanan (misalnya ninggiin stang sampe ketiak keliatan, or modif mesin jadi kayak kawakninja…hahaha)….ya itu sah-sah aja. Tapi buat saya engga perlu seperti itu. Saya modif lebih ke fungsi, bukan sekedar makeup!
bro hendra, lanjutkan kreatifitas mu, ga usah dengerin orang yg suka merusak moral bangsa
sotoy lo,,, ngomong ga mikir…
buat megaproholic jancuk
buat lampu tembak itu gmna gan ?
apa di ganti atau di gimanain ?
Lampu tembak tetep dipasang om…silahkan baca di postingan saya berikutnya. Sudah ada kok artikelnya…:)
maap gan sesama pengguna NMP,,,mau tanya,,,apa itu kuat dgn besi plat 5mm??terus goyang gak gan???kalo kuat+gak goyang,,mau njiplak nih,,,hehe,,,,
Biasanya, plat standar bawaan dari engine guard antara 1,5 – 2mm. Makanya saya ganti menjadi 5mm supaya lebih kaku dan cukup kuat.
[…] di Honda New Mega Pro yang telah sebelumnya penulis informasikan dalam artikel sebelumnya (baca disini), penulis beberapa hari kemudian memasang lampu tembak/lampo sorot yang dipasang di engine guard […]
wah bagus nih bro, pemasangan di atasnya gak dijepit yah, pake plat trus dibaut.. beli dimana? bisa info2 tha
email yah mas bro 😀
broto.cysers@gmail.com
Saya beli di toko accessories GALAXY di jalan raya Kramat Jati – Jakarta Timur bro, semoga bermanfaat!
ok deh bro, soalnya ane beli di morkit model atasnya itu ngiket, kl yg ente punya kan dibaut sesuai dengan plat breket sayapnya
Wah ane demen neh yg beginian..
Sayang jauh (tepokjidat)
Sesekali datang sowan ke Jakarta lah Bro…heheheh
bro, aku pengen pasang pelindung mesin berbahan plat seperyi yg biasa dipasang di bawah mesin motor trail itu bro..soalnya aku trauma krn mesin megaproku yg lama pernah bolong pas menggilas pecahan ubin di jalan kampung, begitu ban depan menginjak pinggirnya, ubin tsb jadinya berdiri mengganjal mesin.
Ide bagus bro. Sebenarnya bisa dibuat yang sederhana tapi fungsional. Banyak bengkel2 las yang biasa modif motor yang pasti bisa bikin apa yang bro mau! 😀
ada gak gan CDI racing bwt NMP?????bwt dongkrak performa gtu…
Ane lom modif ke arah engine bro. Kebetulan ane dari dulu penganut engine standar. Jadi modif lebih ke arah fungsional bukan ke arah show off.
artikel modifikasi ban kapan keluarnya mazBro?…
kasih gambar yang buanyaak yaa…
lagi pengin soalnya…
Artikel ban di NMP belum keluar soalnya ane masih pake ban standar …hehehe
Sudah ada rencana tapi tentunya mau engga mau ganti pelk.
ada ide untuk modifikasi lampu depan nmp? kmrn abis jatuh..jd kepala depan nmp pecah..tinggal sisa lampunya saja..yg msh bisa dipakai..tk..
@Effendi : Sayang banget ya sampe pecah. Itu khan salah satu ciri khas NMP. Ane malahan pengen masang winshield fiberglass (transparan) seperti yang dipasang di BMW seri GS. Sayangnya sampe sekarang lom dapet….
@Hendrawan
keren mas, memang lebih baik seperti itu, Melihat sisi fungsi. tapi sekarang banyak orang hanya menempel aksesori saja tanpa mengetahui plus minus nya.
@Adnan : Signifikasi perubahan memang bisa berbeda2 pada setiap modifikator bro. Kalo ‘pakem’ yg ane pakai lebih ke segi fungsinya, mengingat motor dipakai buat touring dan bukan untuk ‘show’. Istilah ane, modifikasi ‘manis’ karena pada dasarnya tidak banyak merubah karakter asli motor ybs.
sepertinya tidak begitu signifikan ya perubahannya?