Modifikasi Honda New Mega Pro : Pemasangan Engine Guard

Posted: May 20, 2011 in Motor, Others
Tags: , , ,

Menyambung tulisan penulis tentang modifikasi Honda New Mega Pro untuk setelan perjalanan jauh (touring) yang meliputi :

  1. Pemasangan bracket rear box (baca selengkapnya disini)
  2. Pemasangan stang lebar (baca selengkapnya disini)
  3. Penggantian ban lebar
  4. Penggantian handle kopling/rem depan
  5. Lampu tembak
  6. GPS

Berikut ini pemasangan Engine Guard (Pelindung mesin) yang sebelumnya belum tercatat dalam rencana modifikasi tersebut.

7.  Engine Guard (pelindung mesin) :

Pemasangan engine guard di Honda New Mega Pro 150cc (NMP) dirasakan perlu oleh penulis. Selain sebagai rangka pemegang lampu sorot/lampu tembak, juga untuk menahan benturan langsung ke mesin jika motor terjatuh ke arah samping. Engine guard yang penulis maksud disini adalah sebuah konstruksi pipa yang dibentuk melengkung ke arah sisi luar mesin (samping bawah tangki).

Adapun konstruksi engine guard yang penulis beli di toko spare part motor di jalan Kramat Jati – Jakarta Timur ini  mempunyai spesifikasi sebagai berikut :

Engine Guard pada NMP
Engine Guard pada NMP
  • Panjang (dari atas ke bawah)                      : 25 cm (pilihan lain panjang 50 cm)
  • Jarak (dari sisi terluar)                                 : 54 cm (terpasang di motor)
  • Diameter pipa besi (luar)                              : 1,5”
  • Accesories                                                          : Bracket untuk pemasangan lampu tembak/horn
  • Finishing                                                              : Cat gloss enamel (pilihan lain finish stainless steel mirror)

Penulis tidak melihat adanya merk pada engine guard ini sehingga menganggapnya sebagai home industry made. Namun demikian, konstruksi engine guard ini cukup mumpuni setelah terpasang. Dengan harga Rp. 130.000 (termasuk pasang dan penambahan besi plat t=5mm untuk pemegang bagian bawah), engine guard ini terpasang dengan gagah menambah kegarangan body NMP penulis.

Penambahan Plat tebal 5mm dan Bracket Engine Guard di Vertical Pipe NMP
Penambahan Plat tebal 5mm dan Bracket Engine Guard di Vertical Pipe NMPNMP dari arah depan setelah dipasang engine guard

Penulis tidak memasang engine guard dengan panjang 50 cm karena di NMP tidak bisa dipasang, dikarenakan di NMP terdapat firing di samping tangki yang memanjang hingga ke samping mesin.

(HH – 20 Mei 2011)

Comments
  1. SUHERY says:

    Terima kasih atas smua pengalaman khususnya pengguna NMP…..maju trus dan saling mengisi…

  2. sahara tour says:

    mau nanya untuk engine guardnya berapa mili??

    • @Sahara : Maaf saya tidak sempat mengukur tebal pipa engine guardnya. Tapi untuk plat pemegang saya pakai plat strip tebal 5mm. Saya beberapa kali pernah kecelakaan (jatuh), dan terbukti konstruksi ini cukup kuat melindungi mesin & tangki.

  3. andrian says:

    Ane mw gan, titip beliin donk + ongkir ke sda.
    Nope agan brp?

  4. andrian says:

    Keren…. ane mw gan. Titip beliin donk…
    Nope agan brp?

  5. Fisade says:

    Kalau saya lihat sih besinya itu, masih tipis ya om?
    Lagian harganya cuma 130.000 (maaf om bukan merendahkan).
    Soalnya saya pasang di Tirev harganya 200.000, plat dan besinya bisa dikatakan tipis..diketek aja langsung bisa goyang tuh saking tipisnya.
    Akhirnya saya berinisiatif untuk custom , ya lumayan lah harganya >400.000, tapi sesuai dengan fungsinya –> untuk melindungi dari benturan, dan bisa dikatakan besinya termasuk tebel, lebih dari 2mm 😀

    • Bagus lah bro kalo bisa dimaksimalkan. Memang jika mau bagus n kuat lebih baik custom. Ane merubah di platnya saja karena bawaan dari toko terlalu tipis (3mm) jadi ane minta rubah jadi 5mm. Yang lain masih standar. Kalo mau lebih tebal besi EG nya berarti semakin berat juga ke motornya kan :D. Tapi ane udah beberapa kali jungkir balik selama touring (Jakarta, Bromo, Besakih-Bali), ini EG cukup mumpuni melindungi engine motor & tangki (termasuk kaki kita juga :D).

  6. kanjeng rama says:

    mas broo, ane pernah liat NMP yg pake rangka di sisi kiri n kanannya seperti CB150
    kira kira berapa harganya ya mas..???

  7. Denz says:

    bro ane gi nyari velg chemco buat NMP, tau ga di tko mna, mksh info nya

  8. RIO says:

    ane mau beli buat honda blade, di mna ya gan.
    ane daerah jak-pus, tolon info’a dong…

  9. DauZ Salam says:

    Salam Satu Hati…
    Mas bro, ada tau gak yang jualan EG kayak punya mas bro yah Online?? Saya udah keliling2 didaerah ane gak nemu… Trima kasih sebelumnya..

  10. maskarim says:

    Engine guard dari pipa fungsi banget bro, kemarin sempat nyesel, belum sempat pasang motor ane (Meggy 160) dah jatuh n tangkinya kena. Sy pikir kalo ada engine guard itu akan lebih melindungi.

    Artikelnya bagus2.. lanjutkan…

  11. kiki says:

    beli pelindung mesin brpa???
    dmna belinya????
    thanks…

  12. dedet says:

    om,,,saya mau pake engine cover ( saya gak tau nama nya ) yang di pakai untuk nutupin mesin supaya kotoran gak gampang masuk….ada gak om
    harga nya kira2 berapa y…
    yang bagus merk apa …
    trima kasih om

    • Makasih om udah masuk ke blog saya. Terus terang saya juga tertarik untuk memasang engine cover (di bagian bawah kan?) seperti yang di pasang di Yamaha Tenere. Di pasaran saya belum nemu yang jual produk ini khusus untuk NMP. Tapi menurut saya bagusnya buat custom aja di bengkel, dibuat dari plat besi. Selain akan terlihat lebih gagah, juga akan melindungi engine dari benturan tonjolan di jalan……

  13. Megaproholic says:

    apanya yang modif ? cuma pasang engine guard aja gak perlu diposting bro…

    • Hahahaha…..justru saya jadi pengen tanya ke mas bro Megaproholic. Hakekat modif itu apa? modif itu merubah sesuatu dari standar menjadi tidak standar dengan mengurangi atau menambah komponen/elemen tertentu.
      Nah, saya kan menambah engine guard, jadi termasuk modif donk :D. Masalah banyak atau tidaknya yang dimodif itu masalah selera. Toh cukup banyak yang terinsirasi dengan postingan saya ini.
      Yahhh….mungkin yang dimaksud modif ala mas bro adalah merubah bentuk asli motor sampe edan-edanan (misalnya ninggiin stang sampe ketiak keliatan, or modif mesin jadi kayak kawakninja…hahaha)….ya itu sah-sah aja. Tapi buat saya engga perlu seperti itu. Saya modif lebih ke fungsi, bukan sekedar makeup!

    • arie says:

      sotoy lo,,, ngomong ga mikir…

  14. zenii says:

    buat lampu tembak itu gmna gan ?
    apa di ganti atau di gimanain ?

  15. okkyrun says:

    maap gan sesama pengguna NMP,,,mau tanya,,,apa itu kuat dgn besi plat 5mm??terus goyang gak gan???kalo kuat+gak goyang,,mau njiplak nih,,,hehe,,,,

  16. […] di Honda New Mega Pro yang telah sebelumnya penulis informasikan dalam artikel sebelumnya (baca disini), penulis beberapa hari kemudian memasang lampu tembak/lampo sorot yang dipasang di engine guard […]

  17. Hadi Subroto says:

    wah bagus nih bro, pemasangan di atasnya gak dijepit yah, pake plat trus dibaut.. beli dimana? bisa info2 tha

    email yah mas bro 😀

    broto.cysers@gmail.com

  18. Neo says:

    Wah ane demen neh yg beginian..
    Sayang jauh (tepokjidat)

  19. anthon says:

    bro, aku pengen pasang pelindung mesin berbahan plat seperyi yg biasa dipasang di bawah mesin motor trail itu bro..soalnya aku trauma krn mesin megaproku yg lama pernah bolong pas menggilas pecahan ubin di jalan kampung, begitu ban depan menginjak pinggirnya, ubin tsb jadinya berdiri mengganjal mesin.

  20. pepy says:

    ada gak gan CDI racing bwt NMP?????bwt dongkrak performa gtu…

  21. masdikin says:

    artikel modifikasi ban kapan keluarnya mazBro?…

    kasih gambar yang buanyaak yaa…
    lagi pengin soalnya…

  22. efendi says:

    ada ide untuk modifikasi lampu depan nmp? kmrn abis jatuh..jd kepala depan nmp pecah..tinggal sisa lampunya saja..yg msh bisa dipakai..tk..

    • @Effendi : Sayang banget ya sampe pecah. Itu khan salah satu ciri khas NMP. Ane malahan pengen masang winshield fiberglass (transparan) seperti yang dipasang di BMW seri GS. Sayangnya sampe sekarang lom dapet….

  23. Adnanomatic says:

    @Hendrawan
    keren mas, memang lebih baik seperti itu, Melihat sisi fungsi. tapi sekarang banyak orang hanya menempel aksesori saja tanpa mengetahui plus minus nya.

  24. @Adnan : Signifikasi perubahan memang bisa berbeda2 pada setiap modifikator bro. Kalo ‘pakem’ yg ane pakai lebih ke segi fungsinya, mengingat motor dipakai buat touring dan bukan untuk ‘show’. Istilah ane, modifikasi ‘manis’ karena pada dasarnya tidak banyak merubah karakter asli motor ybs.

  25. Adnanomatic says:

    sepertinya tidak begitu signifikan ya perubahannya?

Leave a reply to Hendrawan 'ONE' Hadiyat Cancel reply