Bloger Otomotif : Jujur dan Spontan Menyuarakan Pendapat

Posted: February 20, 2011 in Motor, Others
Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Tak berlebihan rasanya saya menuliskan hal di atas sebagai tema tulisan saya kali ini, karena itulah yang terlintas dalam benak saya saat hari Sabtu, tanggal 19 Februari 2011 kemarin menghadiri undangan peringatan HUT KoBOI (Komunitas Bloger Otomotif Indonesia) ke 2 di Taman Lalu Lintas, area Taman Perkemahan Pramuka Wiladatika – Cibibur Jakarta. Peringatan yang dihadiri oleh para bloger (baik bloger otomotif atau bloger lainnya), perwakilan komunitas dan club motor, perwakilan 2 ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk), Dealer kendaraan bermotor serta tak ketinggalan pihak Polda Metrojaya ini berlangsung sederhana tapi cukup meriah, dan tentu saja khas ala bloger : jujur dan spontan!

Pesta Bloger Otomotif di HUT KoBOI ke 2 (foto : Henry P.)

Tema yang diusung dalam memperingati ulang tahun kelahiran KoBOI kali ini adalah CHANGE! atau PERUBAHAN! Ya, para bloger Otomotif (KoBOI) menginginkan perubahan dalam sistem lalu lintas di Indonesia, untuk berubah ke arah yang lebih baik, terutama dalam menekan tingkat kecelakaan yang sudah sedemikian mengkhawatirkan dewasa ini.

Saya hadir selain sebagai anggota KHCC (Karisma Honda Cyber Community), komunitas bermotor yang concern dengan masalah safety riding, juga hadir sebagai bloger pemula yang ingin bertatap muka dengan para bloger senior yang telah malang melintang menggeluti salah satu bidang dunia maya yang satu ini. Dan saya sangat beruntung karena disana saya bisa menemui para bloger senior seperti Ndoro Kakung (sampai sekarang saya belum tahu nama aslinya :D), para bloger otomotif : Juragan Rondo (Triatmono), Edo Rusyanto, Andry Berlianto, Bodats the Smart Bastard (Henry Parasian) serta bloger Adventure : Bro Adhet serta bloger kuniler : Alex Setia.

Bloger Senior Ndoro Kakung dan bloger Otomotif Triatmono Juragan Rondo (foto : Henry P.)

Peringatan ultah KoBOI ini diisi dengan diskusi yang terbagi atas 2 sesi yang seluruhnya dimoderatori oleh Bro Nedi yang merupakan bloger sekaligus wartawan TEMPO Interaktif. Sesi pertama diiisi oleh bloger senior Ndoro Kakung dan bloger otomotif Juragan Rondo (Bro Tri). Di sesi ini membahas tentang dunia perblog-an serta keterkaitannya dengan tema yang diusung kali ini. Sedangkan sesi kedua diisi oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombespol Royke Lumewa serta Bloger Otomotif kawakan ‘Oom’ Edo Rusyanto, yang diselingi pertanyaan yang ditujukan kepada ATPM, yang diwakili oleh Ibu Hesti dari AHM (Astra Honda Motor).

Bloger Edo Rusyanto, Ketum KHCC bro Rory, Kombespol Royke Lumewa dan Ibu Hesti dari AHM (foto : Henry P.)

Di sesi pertama, diskusi masih terkesan kaku, formil dan belum ‘on’ dengan peserta diskusi. Mungkin karena yang didiskusikan belum membuat panas (dan juga mungkin karena belum mendapat jatah makan siang :D). Tapi di sesi kedua, para peserta mulai berani menanyakan hal-hal yang selama ini menjadi unek-unek mereka, terkait dengan per lalu lintasan di Jadetabek. Terlebih yang menjadi nara sumber : Oom Edo Rusyanto, bicara dengan gayanya yang blak-blakan tapi didukung dengan data-data yang sangat akurat. Tak ketinggalan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombespol Royke Lumewa juga menjadi nara sumber yang lugas dan terbuka menerima kritikan. Di sesi inilah karakter para bloger yang jujur dan spontan dapat terlihat. Pertanyaan-pertanyaan para peserta diskusi yang nyentil dan menyindir terutama ditujukan kepada pihak kepolisian, meluncur dengan lancar dan sering terdengar. Tapi semuanya ditanggapi dengan serius tapi santai, bahkan diselingi banyolan yang segar oleh Kombespol Royke Lumewa. Tuntutan-tuntuan yang ‘diperhalus’ oleh Edo Rusyanto mewakili ‘keresahan’ para bloger kepada Dirlantas Polda Metro Jaya bahkan langsung diakomodir oleh beliau, bukti keseriusan pihak kepolisian menanggapi suara dari para Bloger. Sayangnya pertanyaan yang ditujukan para bloger kepada ATPM (Diwakili oleh Ibu Hesti dari AHM, karena Bp. Paulus dari YMKI pulang lebih awal)  menurut saya masih dijawab dengan jawaban-jawaban yang normatif, yang mungkin tanpa dijawab pun, para bloger tentunya telah tahu jawabannya.

Penempelan stiker agen Change! oleh Kombespol Royke Lumewa (foto : Henry P.)

Acara diskusi diakhiri dengan pemberian Doorprize dari sponsor serta penempelan stiker CHANGE! oleh Kombespol Royke di motor Bro Yudhi dari Vixion Club Batang – Jawa Tengah serta dari Komunitas Tiger Bandung sebagai tanda peran serta aktif anggota club dan komunitas dalam mengkampanyekan safety riding di tengah masyarakat. Dan terakhir, seperti biasa, para peserta diskusi pun narsis berfoto bersama dengan berbagai gaya.

Foto Bersama Peserta Diskusi (foto : Henry P.)

Dari perlehatan sederhana HUT KoBOI kali ini, selain pengetahuan saya tentang dunia blog bertambah serta dapat mengenal para bloger senior, ‘awareness’ kita tentang lalu lintas dan safety riding disegarkan kembali. Sayangnya pertanyaan yang ingin saya lontarkan ke Kombespol Royke belum tersampaikan karena waktu yang terbatas. Pertanyaan yang ingin saya sampaikan adalah : Apa gebrakan baru pihak kepolisian dalam menegakkan aturan-aturan lalu lintas di negeri ini, khususnya bidang safety riding? Karena dulu kita mengenal gebrakan-gebrakan yang akhirnya sudah tersosialisasi dengan baik seperti : wajib penggunaan helm bagi pengendara motor, penggunaan safety belt pada pengguna kendaraan roda empat serta yang terkini adalah menyalakan lampu utama di siang hari untuk pesepeda motor. Jadi apa gebrakan kepolisian selanjutnya? Kita tunggu saja!

Jakarta, 20 Februari 2011

Comments
  1. anthon says:

    tilang para biker yg mengganti mika lampu rem dengan mika bening atau melepas mikanya sungguh berbahaya di malam hari karena menyilaukan biker di belakangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s