Modifikasi Honda New Mega Pro : Bracket Rear Box ex. Honda Karisma X untuk Honda NMP

Posted: February 18, 2011 in Motor, Touring
Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Perjalanan terakhir saya ke Cirebon dan Tasikmalaya beberapa waktu berselang menyisakan beberapa pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah saya yang pertama adalah membuat reportase perjalanan. PR Selanjutnya adalah saya perlu memodif beberapa bagian dari motor yang saya tunggangi, yaitu si Black Pathfinder (BePe), Honda New Mega Pro (NMP), apalagi untuk perjalanan jauh selanjutnya. Hal ini cukup beralasan karena selama perjalanan, ternyata masih ada hal-hal yang kurang nyaman bagi saya (entah bagi pengguna NMP yang lain) pada beberapa bagian tertentu, yaitu :

  • Rear Box (untuk menyimpan barang-barang perlengkapan perjalanan).
  • Stang (tangan sering pegal, terutama di tangan kanan yang memegang gas),
  • Ban (daya cengkram kurang terutama saat pengereman mendadak).
  • Handle kopling/rem depan (agar lebih nyaman jari tangan selama perjalanan),
  • lampu (perlu tambahan lampu untuk menembus malam dengan jalanan basah atau jalan berkabut),
  • GPS (sangat membantu untuk menentukan posisi terkini dan arah tujuan), apalagi jika harus menggunakan jalur alternatif.

Bracket Yang Sudah Siap Dipakai di Honda New Mega Pro

REAR BOX :

Untuk perjalanan jauh, urusan rear box nampaknya sebuah keperluan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Saat perjalanan ke Cirebon dan Tasikmalaya beberapa waktu yang lalu, saya menggunakan tank bag buatan 7Gear untuk menyimpan peralatan motor serta device electronic. Sedangkan untuk pakaian, saya menggunakan backpack di punggung. Tank bag dapat berfungsi sesuai peruntukkannya. Sedangkan untuk backpack, lama-kelamaan saya merasa pundak dan punggung saya pegal dan tidak nyaman. Saya pun bertekad untuk memasang rear box pada si BePe untuk perjalanan berikutnya.

Sebelum rear box dipasang, tentunya saya harus memasang bracket untuk memegang rear box. Pada kesempatan mengunjungi ‘Surga Biker’, toko peralatan motor di daerah Depok, saya mencoba hunting bracket ini. Ternyata bracket rear box untuk Honda New Mega Pro belum dipabrikasi. Pada beberapa kesempatan lain, saya mencoba menanyakan ke toko accesories lainnya. Ternyata sama saja : barang belum dipabrikasi! Sebenarnya saya bisa saja datang ke bengkel las langganan anak-anak KHCC (Karisma Honda Cyber Community) yaitu bengkel las Edward di sekitaran Bekasi, untuk membuat bracket baru. Tapi waktu saya yang sempit dan terbatas tidak memungkinkan saya mengunjungi bengkel itu.

Hingga suatu sore, secara tak sengaja saya melihat bracket rear box yang tergantung di ruang peralatan rumah saya. Bracket ini merupakan bracket rear box bekas motor saya sebelumnya : Si Bohay (Honda Karisma X). Setelah saya amati dengan cermat desain konstruksinya, saya merasa yakin bahwa bracket ini bisa dipasang di si Bepe dengan hanya sedikit perubahan. Bracket ini dulu dibuat di bengkel las Edward juga dengan harga Rp. 150.000,-. Saya menyukai design bracket rear box buatan Edward ini karena selain designnya dibuat sedemikian rupa sehingga begel asli motor tidak perlu dibuka, juga bracket ini dapat digeser-geser (sliding) dengan mudah tanpa mengurangi kekuatan dan kestabilannya.

Akhirnya pada hari libur beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan mampir di bengkel las di daerah Kramat Jati yang dulu pernah saya mintakan tolong memodif sesuatu. Setelah saya informasikan ke ahli las di bengkel itu keinginan saya serta perkiraan-perkiraan bagian-bagian yang perlu dimodif, mulailah bracket tadi diukur-ukur serta dicocokkan dengan dudukan begel motor NMP saya. Dan benar saja, dengan hanya merubah siku baja yang merupakan pemegang bracket ke begel, meregangkan besi bulat utama dan memotongnya sedikit, bracket bekas si Bohay langsung ‘nemplok’ di atas begel si BePe. Begel si BePe tetap terpasang di tempatnya seperti design semula. Dengan ongkos modif cukup Rp. 70.000, bracket bekas Honda Karisma X bisa langsung dipasang di Honda New Mega Pro.

Foto : Pribadi

 

Pemasangan Bracket Pada Bracket Asli Honda New Mega Pro

Tampak Belakang Bracket

Tampak Samping Bracket

Comments
  1. Intan says:

    Wih keren banget modifikasi Honda New Mega Pro ini.

  2. reza says:

    yakin tidak padang handel bawaan NMP a mas bro ?

  3. ami says:

    berapa harga bracket honda new mega pro & rear box kapasitas berapa yang cocok,untuk info motor saya warna biru,alamat saya di makassar !!

    • Wahhh…..sekarang banyak merk box yang mumpuni. Box warna hitam biasanya masuk ke warna body motor apa saja, terutama dengan kapasitas di atas 40L. Di pasaran, sudah banyak bracket yang dijual di kisaran harga 150rb.

  4. des.prado says:

    bisa minta penawaran breket dan box untuk mega pro,butuh banyak? 081286361969

  5. bolodewo86 says:

    mas hendra, mau tanya ada info gak ya kalau di jogja bikin rear boxnya dimana?

  6. alim says:

    Bracketnya menarik, sayang di tempat saya (Sumbawa, NTB) agak susah nemuin tukang las kayak pak edward.

    • Wahhh…..masak bro engga ada yang bisa bikin bracket seperti itu. Pesan aja dari Jakarta Bro, ntar di kirim via paket ke Sumbawa :D

      • TRI WIDODO says:

        Mas bro top jos lah… kalo kirim ke batam berapa yah…saya juga punya NMP…saya lage cari cover engine warna merah neh ada tak ya\

      • Seperti mas tri ketahui, ongkos kirim paket tentunya berdasarkan berat barang yang dipaket. Berat bracket rear box ini sekitar 3-4 kg. Cover engine yang dimaksud cover engine accessories resmi dari Honda kan? Beberapa hari yang lalu saya sempat ke Jakarta Honda Center. Kebetulan warna merah engga ready stok. Adanya yang biru dan hitam. Harga satu paket (termasuk cover head lamp, cover tangki, emblim Honda) Rp. 370.000,- / paket

  7. balgaucok says:

    bro, aku juga udh pasang yg beginian merujuk foto yg bro punya, tapi aku jadi kurang yakin kekuatannya karena behel NMP bahannya agak elastis, boxnya malah kurang rigid, tapi memang posisinya lebih nungging punya bro.

  8. […] Pemasangan bracket rear box (baca selengkapnya disini) […]

  9. […] Pemasangan bracket rear box (baca selengkapnya disini) […]

  10. foury kris says:

    Mas, boleh minta alamat lengkap dan no telp bengkel las edward??? saya sedang hunting bracket untuk motor yang sama. tolong dikirim ke alamat email saya ya.

    thanks before.

    • Saya tidak terlalu hafal alamat bengkel Edward tempat saya membuat begel ini. Tapi silahkan telp ke Pak Edward no. 0813-16435345

      • anthon says:

        Aku udah sms bro Edward, dia bilang harga bracket biasa berikut set box 200 rb, sliding 250 rb

        set box maksudnya apa ya ?

        kemahalan gak ya ?

      • Set box mungkin maksudnya penyetelan box secara keseluruhan bro. Ane tahun 2006an bikin breket Honda Karisma di bengkel Edward harganya sekitar Rp. 150.000,- (sliding) & sampe sekarang masih kuat. Bahkan sekarang sudah berpindah templokan ke NMP :D. Kalo harga engga bisa bohong bro :D

  11. rherherandaru says:

    designya simpel. kalau saran saya memang dikondisikan boxnya miring ke depan,kalau dibuat rata dan full load, titik bobot box berada pada kuncian yang di belakang, ya,kemarin si merelakan baseplate ganti… karena patah… ^^

    • Sampai saat ini, desain bracket ini desain terbaik yang saya tahu karena rapi, simple tapi kuat. Sudah diuji pasang di motor saya sebelumnya selama 6 tahun & tidak ada keluhan. Beberapa teman menyarankan dudukan box diratakan. Tapi dengan posisi ini pun saya cukup nyaman & betul! kuncian jadi lebih aman karena box dominan miring ke depan!

  12. andika says:

    ganti E45 Kang One boxnya biar keren…atau E47…:ratjoen…:D

  13. Heri Candra says:

    terlalu miring kang..kasian boxnya tar…susah nyusun barang didalamnya

  14. Ricky L says:

    itu cuma ganti posisi baut yang di breket karisma doang yah ?

      • eka says:

        mw tanya alamat lengkap bengkel las buat breket dong
        trz daerah kramat jati, dmn’y????
        tolong kasih tau alamat lengkap’y yah
        bengkel las edward jg boleh

      • Desain breket aslinya dibuat di bengkel las Edward di jalan mekarsari – Bekasi. Telp yang bisa dihubungi adalah Pak Edward, 0813-16435345. Karena rumah saya lebih dekat ke jalan Kramat Jati – Jakarta Timur, maka saya pakai jasa bengkel las disana yang cukup banyak dikunjungi para biker yg mau modif. Semoga membantu.

      • Cuppy says:

        waaaah jadi kepengen pasang bracket juga nech sama EG …kebetulan NMP ane baru pasang hand guard sama velg lebar

      • hehehe…..jangan sembarang pasang braket rear box bro. Kebanyakan bracket rear box yang dijual dipasaran harus melepas bracket bawaanya pabrik. Sedangkan punya ane desainnya tanpa melepas bracket bawaan motornya tuh :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s