Tak banyak para penyuka modif Honda New Mega Pro (NMP) yang memperhatikan tampilan bagian depan motor 150cc ini. Bentuk lampu Head Lamp yang khas seakan ‘sulit’ (atau bahkan ‘sayang’) untuk dimodifikasi dengan berbagai macam accesories tambahan. Karena seakan kekhasan NMP seakan menjadi hilang jika dimodifikasi.
Tapi penulis merasa tidak puas begitu saja. Sejak dari awal, penulis merasakan perlunya tambahan accesories di bagian depan berupa windshield yang secara fungsional bisa menahan terjangan angin secara langsung ke pengendara dan secara estetis menambah ‘kegarangan’ NMP. Ditambah lagi setelah penulis melihat profil motor BMW GS 1200 (adventure) yang memiliki kekhasan pada windshield nya. Maka keinginan memasang windshield di NMP penulis semakin tidak terbendung.
Pada awalnya, penulis melirik windshield asli milik Kawasaki Ninja 250 dan Ninja 150RR untuk di ‘copas’ di NMP. Tapi setelah diamat-amati dengan seksama, rasanya tidak cocok dan sulit mengapplikasikannya di batok NMP. Lalu perhatian pun beralih ke windshield accesories milik Honda Scoopy yang minimalis. Tapi sepertinya akan bernasib serupa & sepertinya ‘turun kelas’ jika memakai winshield ini :D. Sempat dipikirkan untuk membuat winshield custom di toko pembuat acrylic. Tapi kekhawatiran gagal dalam desain dan kualitas yang kurang baik menjadi penghalang.
Akhirnya perhatian penulis tertuju pada winshield asli milik Honda CBR 250. Pertama kali melihat windshield ini, penulis merasa yakin bahwa windshield milik keluaran motor sport terbaru AHM ini akan sangat serasi disandingkan dengan batok NMP. Sayangnya source gambar winshield ini sangat terbatas. Akhirnya dengan nekad penulis menuju Jakarta Honda Center di jalan Dewi Sartika Jakarta TImur dan windshield CBR 250 pun dibeli dengan merogoh kocek Rp. 245.000,-. Saat itu masih belum terpikirkan bagaimana winshield ini bisa terpasang di batok NMP, tapi naluri penulis merasa yakin bisa diapplikasikan.
Sesampainya di rumah, penulis mulai mendapatkan ide memasang windshield CBR 250 di NMP dengan menggunakan barang-barang yang ada di gudang rumah penulis. Dan setelah terpasang, penulis merasa cukup puas dengan penambahan ini. NMP penulis terlihat lebih garang dengan tambahan windshield di atas batok headlampnya. Maka julukan baru pun penulis kenakan pada NMP ini yaitu NMP ‘Predator’ karena memang bentuknya menjadi lebih garang seperti mahluk mengerikan itu! 😀
HH/26 Oct 2011
Ane mau modif Honda NMP ke bentuk BMW R1200GS, di Tasik ada bengkel yg bisa n lengkap ?? Tolong infokakan gan.
Hahah….ane juga penyuka BMW1200GS dan bercita-cita yang sama. Meskipun mustahil akan sama dengan aslinya, tapi minimal bisa mengadopsi gayanya. Langkah pertama harus punya detail motor BMW nya dulu bro. Buat konsep kasarnya dulu baru nanti dibawa ke bengkel yg memang biasa buat modif.
mas ada contohnya gk cara masang Visornya ??
Saat foto ini di publish, saya masih menggunakan bracket apa adanya. Tapi sekarang saya sudah memakai bracket yang permanen (buat di bengkel las).
keren sob motor lu,, gw br bli new megapro tp msh bingung mau di gmn’in… krm lg yg terbaru dunk biar nambh inspirasi gua…. aji o’bara ktb L.U
Siap bro….:D
wah baru liat… jd pengen masang… kayanya ribet ya… mohon panduannya…. thx…
Saya sudah membuat system dengan bracket yang lebih mudah. Mudah-mudahan gambarnya sudah bisa dipublish dalam waktu dekat
bisa saya pesan mas
@Mas Bro Sukandar : Domisili dimana?
stang pakai apa tu mas ?
Silahkan baca di artikel saya mengenai stang ini 😀
Bagus euy….
jadi Kepingin masang… 🙂
Btw itu masang raiser stang tegak, apa gak mentok saat nutup pengaman lubang kunci kang ?
Emang udah ganti tunggangan kang? Memang engga bisa seleluasa saat masih pake standar. Tapi anggap saja pengaman tambahan 😀
Habis biaya berapa bro,,,
Winshieldnya Rp. 245.000,-. Bracketnya sendiri awalnya tidak mengeluarkan biaya karena menggunakan peralatan seadanya dari gudang. namun setelah dirasa kurang dan membuatnya di bengkel las langganan, maka dikeluarkan lagi biaya sekitar Rp. 60.000,-. Jadi totalnya Rp. 305.000,- mas bro
aplikasinya gimana broh? rumit ngga? kalo emang simple, aku mau niru buat meggy-ku boleh kan? share ke meggyholic lainnya dong broh. hehe
Silahkan mas bro mengaplikasikan winshield yang saya pakai. Rasanya kalo dibawak ke bengkel modif, ahli modif akan tau membuat bracket yang cocok untuk pemasangan winshield ini. Bukan apa2, saya sendiri pun masih menggunakan bracket sementara 😀
gimana masang nya yaaa…wahhh susahh neehh
Hehehehe……bukannya saya engga mau ngasih tahu cara masangnya gimana, tapi saya sendiri juga masang dengan insting aja dengan menggunakan bahan2 bekas yang ada di gudang rumah. Bayangkan saja, saya hanya menggunakan batang spion bekas, plat pemegang bracket rear box, raiser peninggi stang, double tape & beberapa baut. Jika dibawa ke bengkel modif, mungkin bisa dibuat bracket yang lebih rapi lagi….Selamat mencoba 😀
itu kaca accoriez NMP’ ny maen lem ato gmn cra melekatknya broe….
Susah menerangkannya bro, karena saya pakai barang-barang tak terpakai dari gudang saya untuk bisa memasang winshield ini. Sebaiknya utk memasangnya mendatangi bengkel modif sehingga rangka pemegang lebih masif dan kuat lagi.
kalo untuk honda tiger 2010 gimana ych, , ,bagusnya pkaian winshield bawaan apa ni yang cocok.
bagi pendapatnya gan.
Saya pernah lihat tiger memasang winshield variasi. cukup bagus & serasi dengan lampu bulatnya. Monggo di ubek2 di toko variasi om…..
kreatif dah, jadi kek punya jambul gitu..
Kan lagi sekarang lagi musim jambul. Dari Jambul ala tintin, jambul ala gogon sampe jambul katulistiwa ala Syahrini yang sesuatu. Yang ini jambul predator…heheheheh
[…] NMP dengan visor optional aseli AHM utk NMP – Dhaniuban 4. NMP dengan visor CBR 250 – Hendrawan hidayat gimana jadi keren kan?? setelah sebulan saya pake visor optionalnya NMP, kok udah bosen ya? gara […]
Setiap modifikator punya gaya sendiri-sendiri. Monggo setiap orang menilai mana yang terbaik dan sesuai dengan seleranya masing-masing….:D. Indahnya berkreasi!
itu GPS yaa pak??ngangkat brp pak GPSnyaa??hehe
Betul mas bro. Biasanya ane pasang GPS di bracket itu, meskipun buat megang HP juga okey. Lom sempet nulis nih di blognya. Ntar ane kupas tuntas deh……
mantap bro..
mupeng deh ane jadinya 😀
Heheheh…..monggo mas diapplikasikan kalo mupeng :D. Modalnya engga lebih mahal dari sebuah helm fullface.
wah,,keren juga,,tapi rada lucu
hehehe….emang penampilannya jadi rada aneh. Tapi jangan salah mas, setiap saya touring ke berbagai daerah, NMP ane jadi pusat perhatian….trus kan lumayan, engga harus rangkap2 pake jacket. Ane pake ngebut di kecepatan diatas 100 Kpj juga oke2 aja tuh 😀
keren… masangnya gimana?
Masangnya? saya sih coba2 aja dengan peralatan seadanya yang ada di rumah. Saya pake batang bekas spion, pake riser stang yang engga kepake n beberapa spare lain…..intinya pake barang seadanya. Kalo mau lebih rapi n kuat disarankan datang ke bengkel modif yang biasa buat bracket untuk para rider.
kereeeen……. Tapi winshieldnya mahal amat yak 😀
Memang cukup mahal karena masih pake part asli CBR 250. Saya engga tau di pasaran ada yang jual KW2 nya engga ya? 😀
sirine strobo sekalian donk pak bro …
Kompor.com
kurang rada mendongak kayanya IMHo ya mas, sy jg pasang windsheild kecil di NMP , aksesoris optionalnya NMP
Beberapa teman memberikan kesan senada dengan mas bro. Awalnya karena ingin menyeleraskan lengkungan head lamp dengan lengkungan winshield ini. tapi akhirnya sekarang sudah ane rubah (agak tegak) dengan alasan estetis dan hembusan angin ke badan lebih terhalang lagi…..
Sekilas mirip Cbr
Karena pake Winshield CBR 250, maka ‘roh’ motor itu pun turun ke NMP ini….heheheheh
Berisik gak waktu dijalanin…sebab visor sy sd sekarang penyakit brisiknya gak ilang..
Tengs…mantap Bang Hadiyat
ti Mohamad
ALhamdulillah pemasangan winshield dengan jenis konstruksi yang saya gunakan tidak terdengar suara berisik sama sekali. Saya pernah menjalankan motor hingga 110 km/jam di jalan non tol Karawang. Winshield di NMP saya kuat dan cukup stabil. Thanks kang Mohamad.