Klarifikasi AHM : Coakan pada rangka Honda New Mega Pro

Posted: Mei 22, 2011 in Motor, Others
Tag:, , ,

Rupanya, artikel yang dituangkan oleh penulis di dalam blog yang mengangkat tentang coakan pada konstruksi rangka Honda New Mega Pro serta pengaruhnya pada kekuatan struktur konstruksi motor tersebut (selengkapnya baca di sini), menjadi kontroversi yang menarik di kalangan blogger pemerhati otomotif khususnya sepeda motor di Indonesia. Terbukti dari sejak diterbitkannya artikel tersebut ke dunia maya, lebih dari 2350 pengguna internet mengunjungi/membaca artikel ini. Terlebih setelah para blogger otomotif senior semacam Bro Rudi Triatmono (a.k.a Juragan Rondo) serta Bro Taufik (TMC Blog) memberikan tanggapan atau bahkan menulis artikel tersendiri tentang coakan yang kontroversial ini.

Komentar yang masuk memang beragam, ada yang menganggap coakan tersebut tidak akan berpengaruh pada struktur keseluruhan dan ada juga yang menganggap coakan tersebut sebuah kekeliruan dalam produksi. Tapi pada umumnya, para blogger otomotif berharap adanya semacam klarifikasi tentang coakan ini dari PT. AHM (Astra Honda Motor) selaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Honda dan produsen Honda New Mega Pro di Indonesia, terlebih bagi pengguna langsung Honda New Mega Pro seperti halnya penulis. Hal ini untuk menepis kesimpang siuran informasi yang berakibat berkurangnya kepercayaan publik pada produk AHM ini.

Dan akhirnya, kontroversi tentang coakan ini pun sampai di meja management AHM. Bermula dari dikirimkannya pertanyaan dalam bentuk email oleh penulis ke homepage AHM serta bantuan dari blogger sahabat penulis yang punya koneksi ke lingkungan managemen AHM, penulis mendapat undangan secara ekslusif dari Divisi HC-3 – Customer Information & Community Development Department PT. AHM. Undangan ekslusif ini berawal dari undangan secara lisan dari Ibu Kartika Septyarini dari Divisi HC-3 serta undangan resmi via email dari Bapak Teddy Suryadi. Pertemuan yang bertajuk diskusi dan sharing tentang Honda New Mega Pro ini pun di gelar di Training Center PT. AHM di daerah Sunter – Jakarta Utara pada tanggal 7 Mei 2011.

Bapak Nyoman Kesawa sedang mempresentasikan analisa coakan di NMP

Bapak Nyoman Kesawa sedang mempresentasikan analisa coakan di NMP

Keseriusan PT. AHM dalam menanggapi pertanyaan penulis tentang coakan di Honda New Megapro terlihat dari hadirnya bapak Nyoman Kesawa (Dept. Head – Customer Information & Community Development), bapak Atmojo Adjie (PQE – Product Quality Engineering), bapak Sarwono Edhi (Dept. Training) serta ibu Kartika Septyarini (HC-3 Division). Sedangkan bapak Teddy Suryadi (HC-3 Division) berhalangan hadir dalam acara tersebut.

dari kiri ke kanan : Bapak Nyoman Kesawa, Bapak Atmono Adjie, Penulis dan Bapak Sarwo Edhy

dari kiri ke kanan : Bapak Nyoman Kesawa, Bapak Atmojo Adjie, Penulis dan Bapak Sarwo Edhi

Dalam pertemuan yang berlangsung serius tapi santai ini, diskusi dan sharing tentang coakan di rangka NMP ini pun dimulai dengan presentasi tentang analisa coakan oleh PT. AHM yang diselingi oleh beberapa pertanyaan dari penulis. Presentasi yang dikemas dengan cermat dan runtut ini benar-benar memperlihatkan keseriusan PT. AHM menanggapi kontroversi coakan pada NMP.

Berikut ini beberapa pertanyaan dari penulis yang dijawab secara bergantian oleh wakil AHM :

1.     Apakah coakan ini telah menjadi desain awal NMP?

Betul, coakan ini telah ada dari desain awal NMP dari Jepang. Jadi coakan ini bukan desain tambahan pada pabrikan negara-negara yang memproduksi NMP  –> hal ini sesuai dengan hasil penemuan bro Taufik, yang ditulis dalam blognya (baca di sini).

2.     Mengapa rangka NMP harus dicoak?

Terkait dengan desain rangka New Megapro, coakan yang dibuat untuk memudahkan service saat ingin melepaskan (disassy) muffler. Coakan yang ada pada desain rangka ini juga masih dalam ketentuan kekuatan dan keamanan sebuah rangka kendaraan bermotor. Desain seperti ini dibuat untuk menyesuaikan dengan layout muffler (aliran gas buang) dengan memperhatikan performance engine agar tetap optimal, namun di sisi lain faktor safety dan kehandalan rangka tetap terjaga.

Detail coakan pada rangka NMP

Detail coakan pada rangka NMP


3.     Bagaimana hasil uji kekuatan pada daerah coakan NMP?

Berdasarkan hasil uji kekuatan pada daerah coakan di NMP, baik dari hasil test dengan menggunakan simulasi komputer, uji momen serta uji endurance di lapangan (standar HONDA), di daerah coakan tidak memperlihatkan adanya perlemahan kekuatan. Hal ini disebabkan coakan yang ada telah ditutup dengan plat yang lebih tebal dari tebal rangka itu sendiri dan disambung dengan sambungan las. Dari sisi kekuatan dan keamanan, rangka New Megapro ini tidak perlu diragukan lagi. Sebagai pabrikan yang concern dengan kualitas produk dan keselamatan konsumen, AHM telah menguji kekuatan rangka Honda New Megapro ini. Hasil pengujian menunjukkan stress yang terjadi  di daerah tersebut masih sangat jauh di bawah batas maksimum yang diijinkan dan produk ini dinyatakan telah lulus dari beberapa standar pengujian.

 4.     Apakah wajar sebuah rangka kendaraan dicoak seperti halnya di NMP?

Dalam dunia rancang bangun kendaraan bermotor (automotive design), khususnya untuk produk yang diproduksi masal, tidak ada satu pun rancangan yang menggunakan satu kesatuan rangka utuh, melainkan terdiri dari beberapa sub rangka yang dibentuk dan disambung baik dengan sambungan tetap (fixed joint) atau tidak tetap (non fixed joint) seperti las, bolt & nut atau kelingan. Konstruksi rangka (frame) suatu kendaraan roda-2 maupun roda-4 dirancang mengikuti layout kendaraan tersebut, seperti posisi engine, muffler, fuel tank, battery, air cleaner, steering system, suspension system, dll, tanpa mengorbankan fungsi dan kekuatan (termasuk durability). Selain mempertimbangkan faktor kekuatan & safety, dalam merancang kendaraan yang diproduksi masal, juga mempertimbangkan faktor manufacturing, seperti efisiensi dalam pembuatan part & peralatan pendukung produksi (Dies & Mold, Jig & Fixture, dll), efesiensi dalam pengukuran, kemudahan dalam proses pemasangan dan pembongkaran pada saat produksi dan service. Semua dilakukan dengan tetap memperhatikan faktor fungsi, safety dan kehandalan.

 5.     Apakah kendaraan lain biasa membuat coakan seperti ini?

Rangka kendaraan pengangkut dengan beban yang jauh lebih besar dibandingkan sepeda motor seperti truck, juga menggunakan coakan. Coakan dibuat dengan beberapa tujuan misalnya karena tuntutan lay out, untuk mengurangi berat, untuk pegangan jig, untuk kemudahan assy-disassy, untuk drainase. Coakan ini biasanya berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran. Jumlahnya biasanya lebih dari satu dan tentunya pembuatan coakan ini telah lulus uji standar kekuatan yang telah ditetapkan.

 6.      Mengapa tidak membuat sistem rangka lain yang tidak mengorbankan rangka seperti halnya di NMP? Misalnya menggunakan rangka double cradle.

Setiap kendaraan mempunyai desain frame yang berbeda-beda. Desain frame disesuaikan dengan desain kendaraan secara keseluruhan dan menjadi satu kesatuan yang utuh. Seperti diketahui, rangka di NMP hampir tidak mengalami perubahan signifikan dari sejak seri GL/Mega Pro dikeluarkan. Desain frame pada seri GL/Mega Pro ini telah teruji kehandalannya dengan baik. Jadi jika rangka dirubah, tentunya akan merubah desain motor secara keseluruhan. Seperti yang telah diterangkan, selain mempertimbangkan faktor kekuatan & safety, dalam merancang kendaraan yang diproduksi masal, juga mempertimbangkan faktor manufacturing, seperti efisiensi dalam pembuatan part & peralatan pendukung produksi (Dies & Mold, Jig & Fixture, dll), efesiensi dalam pengukuran, kemudahan dalam proses pemasangan dan pembongkaran pada saat produksi dan service. Semua dilakukan dengan tetap memperhatikan faktor fungsi, safety dan kehandalan.

Detail coakan pada rangka NMP

Detail coakan pada rangka NMP


Demikian beberapa tanya jawab yang berlangsung dalam diskusi tersebut. Kesimpulannya adalah : AHM menjamin kekuatan rangka NMP hingga batas-batas faktor keamanan yang telah ditetapkan.

Dan nampaknya jaminan AHM tersebut cukup terbukti. Karena saat penulis mengadakan perjalanan yang berjarak tempuh lebih dari 655 KM dengan menggunakan NMP ke Teluk Kiluan, Lampung Selatan bersama rekan-rekan dari KHCC (Karisma Honda Cyber Community) seminggu setelah pertemuan itu, NMP yang penulis gunakan dapat diandalkan untuk melibas trek yang extrim karena kondisi jalan yang masih rusak parah serta menyusuri kontur daerah Lampung pesisir yang naik turun dengan tajam. Dalam kondisi seperti itu, NMP tetap nyaman dan tangguh digunakan karena pada dasarnya NMP didesain untuk motor touring (perjalanan jauh).

Dengan adanya klarifikasi dari AHM di atas, semua pendapat diserahkan kembali kepada konsumen Honda New Mega Pro.

(HH – 18 Mei 2011)

About these ads
Komentar
  1. shakala mengatakan:

    ane di kemayoran Jak-Pus punya new megapro 2011 ampe skarang masi di pake (baru 1,5 thn) bwt jakarta – bandung seminggu skali (kluarga di bandung) terkdang jakarta – bandung – Garut sebulan skali, bensin sring premium (blum kuat pertamax, heheheheh..), udh brapa bsar biaya+kringat+malu+kesel+kecewa (dlu punya supra 125x thun 2006, tu motor paling sngat3x sempurna yg pernah gw punya) yg gw kluarin gara2 :
    1. mesin sring mati,
    2. gas-y gelos, gw tarik gig3 ampe 55 (batas di moto gw, gi2 3 ampe 60 musti ganti gi2 4) stelah itu gw tarik kloping dan gas-y gw turunin tiba2 mesin mati.
    3. tarikan kurang mantap.
    4. karet klep atas udh rusak (jdi oli-enduro racing sdkit kluar dri klep) padahal sminggu sblum-y service di AHASS resmi, emang-y karet di klep atas than brapa lama-y…?
    5. getaran mesin-y kasar bgt, palagi klo baru dinyalain setelah smalamam mati (ampun dh sprti di upper cut ama mike tyson.., heheheehe) menurut gw pribadi.
    6. skarang 1 blan harus dikuras (di bi2r tangki udh karat), tangki ampe gw tu2p am plastik kresek spaya air ga masuk, krena kbanyakan teknisi resmi/ga resmi blang-y kemasukan ari. tpi te2p aj sering mati2 jga.,
    7. udh ganti busi dari yg biasa ampe yg iridium.

    gw sring service di ahass, di pinggir jalan ama temen2 gw jga, tpi sama aj ga ad solusi-y..,

    mungki gw dapet new megapro yg ga sempurna kli-y dri smua new megapro yg ada..,

    jdi cma satu yg gw bilang : CAPEK hati + pikiran punya New Megapro tsb,

    bingung gw.., solusi-y ap-y?
    maaf, masbro+masbri.., gw udh patah arang bgt nie ama megapro gw..,

    tpi gw te2p cinta ma HONDA gara2 gw punya supra 125x thn 2006.., mntap bgt..,

  2. Cak Kandar mengatakan:

    sepertinya bro deny tdk sendirian soal stir goyang bila nmp dipacu lalu stir 1/2 dilepas baru keliatan goyang2 demikian dg punya teman ada yg bgtu termasuk punya saya sejak keluar diler 6 bln lalu sampai sekarang blm saya klaimkan ke AHM, mohon pencehannya …

  3. cino mengatakan:

    ga usah pada beli megapro,cacat produksi

    • khrisna_own@yahoo.com mengatakan:

      Andakan bkn insiyur faktanya masyarakat pake Ўǻǻ°˚˚°ǟǟa.:  …. Aman2 aja tu..
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • Saya rasa memberikan pendapat, review, saran dan kritikan atau meminta penjelasan atas sebuah product tidak harus insinyur mas, meskipun saya juga insinyur (dengan jurusan yang beda). Saya menulis ini sebagai konsumen yang meminta penjelasan kepada produsennya. Dan syukur kalau produsennya langsung cepat tanggap atas masalah ini. Saya sendiri hingga saat ini masih menggunakan NMP dan memang betul aman2 saja. Ditambah dengan jaminan dari AHM sendiri, semakin menambah keyakinan saya.

      • khrisna_own@yahoo.com mengatakan:

        .‎​​​șϊϊρ̶ρ̶ρ̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶(y)

        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  4. [...] sempurna oleh pihak AHM sendiri yang beberapa tulisan dimuat dibeberapa blog salah satunya di sini. Bahkan blogger senior seperti tmcblog.com punya data patent yang memang membenarkan adanya coakan [...]

  5. Abbie mengatakan:

    Howdy! This is the fourth time visiting now and I personally just wanted to say I
    truley relish looking at your weblog. I decided to bookmark it at reddit.
    com with the title: Klarifikasi AHM : Coakan pada rangka Honda New Mega Pro hendrawan
    ‘ONE’ hadiyat and your Website address: http://hendrawanhadiyat.
    wordpress.com/2011/05/22/klarifikasi-ahm-coakan-pada-rangka-honda-new-mega-pro/.

    I hope this is okay with you, I’m attempting to give your terrific blog a bit more exposure. Be back shortly.

  6. Maria mengatakan:

    I’m really loving the theme/design of your web site. Do you ever run into any internet browser compatibility problems? A number of my blog audience have complained about my site not operating correctly in Explorer but looks great in Safari. Do you have any solutions to help fix this problem?

  7. deny mengatakan:

    MET MALAM BROW,,,minta solusi nih,nmp saya dah 2 bulan turun dari dealer,nih motor bermasalah dng kemudinya,dah ganti komstir,ganti shock depan,segitiga,velg,,tuh penyakit sampai sekarang blum juga sembuh,,,,,,stang slalu berat kekanan,kadang terasa oblak kadang terasa mantap,,,apa salah di pennyetalan,apa ada yg salah d rumah komstir(yg ada no rangka),saya curiga kesana,,,,mohon pencerahannya,cape brow 8kali bolak balik ahhas,,,,motor gress bikin strees.

    • Kayaknya aneh ya, baru sekarang denger ada problem seperti itu. NMP ane dibawa kemana2 engga pernah bermasalah. Baik di kelistrikan ataupun di batang kemudi. Saya curiga di penyetelan komstir ada yang kurang pas. Sebaiknya ditanyakan ke AHASS yang bintang 4 bro. Lebih lengkap n lebih bagus mekaniknya.

      • deny mengatakan:

        emang aneh,..saya curiga tu penyakit ada di pengelasan rumah kom,atau bubutan yg bawah dan yg atas gk senter,,,,,,,,,montir nya jga sampei bingung,di kira saya yg mengadangada,,,,,,bintang lima yg gimana si brow,,,,,,montir hanya bisa bersihin karburator ada kasus d kemudi sampei bingung,ckckckck,,,,,,,tolong di jelasin brow klaim garansi rangka,saya rasa rumah kom bermasalah(yg ada no serinya)…terima kasih

  8. agus mengatakan:

    sgala tindakan pasti pake perhitungan……

  9. abuyaziidbu Yaziid mengatakan:

    insya allah minggu ini NMP ane turun, mudah2han ga ada masalah sampe bosen dah pokoknya……

  10. benny mengatakan:

    honda kan perusahaan besar, kalau masalah coakan itukan sudah mereka perhitungkan, lagian kalau coakkan membuat tidak kokoh dan tidak stabil NMP tersebut itukan akan mencoreng nama honda di mata konsumen…. tidak mungkin honda rela buruk di mata konsumen gara-gara produk 20 jutaan sedangkan mereka menjual produk harga sampai ratusan juta….logika aja

    • Konsumen Indonesia termasuk kritis mas Benny. Wajar-wajar aja jika kita menanyakan hal-hal beginian sama Honda. Kalo memang tidak bersamasalah kan mereka bisa jawab dan menjamin bahwa coakan tidak berpengaruh pada kekuatan. Yang patut ditanyakan, mengapa hingga kini NMP belum mengeluarkan facelift baru dibanding kompetitornya? Lalu mengapa di China, produk serupa tidak ada coakannya? :D

      • benny mengatakan:

        Wah langsung di komen dari yang punya blog nih, kalau facelift itu penting untuk penyegaran produk yang sudah berumur 2 tahun lebih dan juga untuk mempertahankan loyalitas konsumen, sepertinya ada facelift ya pada bagian striping warna putih, kalau di china tidak ada coakan mungkin design leher knalpotnya berbeda sehingga tidak perlu di coak, tapi bagi saya tidak penting ada coakkan atau tidak semua sudah di perhitungkan walaupun tidak enak dipandang…ya kirakira begitu mas…

    • Konsumen Indonesia termasuk kritis mas Benny. Wajar-wajar aja jika kita menanyakan hal-hal beginian sama Honda. Kalo memang tidak bersamasalah kan mereka bisa jawab dan menjamin bahwa coakan tidak berpengaruh pada kekuatan. Yang patut ditanyakan, mengapa hingga kini NMP belum mengeluarkan facelift baru dibanding kompetitornya? Lalu mengapa di China, produk serupa tidak ada coakannya? :D

    • Konsumen Indonesia termasuk kritis mas Benny. Wajar-wajar aja jika kita menanyakan hal-hal beginian sama Honda. Kalo memang tidak bersamasalah kan mereka bisa jawab dan menjamin bahwa coakan tidak berpengaruh pada kekuatan. Yang patut ditanyakan, mengapa hingga kini NMP belum mengeluarkan facelift baru dibanding kompetitornya? Lalu mengapa di China, produk serupa tidak ada coakannya? :D

  11. [...] kalau kita bandingan dengan klarifikasi AHM tentang rangka coak diblognya mas Hendrawan, sepertinya tidak sinkron. Perhatikan tulisan yang saya beri tanda [...]

  12. andi mengatakan:

    Keluhan NMP ane stelah pemakian 1 tahun .
    Ban belakang sering goyang apa bila terkena polisi tidur .
    Sudah di cek di bengkel ahass tapi gak ada solusinya .

  13. rudi mengatakan:

    Emang sih kalau hanya uji smpai jarak 650 km masih ga pa pa..tapi liat ntar..pemakaian sampai hitungan “tahun”…4-5 tahun..masih tahan ga tuh coakan

  14. trondol mengatakan:

    gimana nich NMP ku, slalu main cuk kalo mo brangkat………. tobat tobat…..

    • Wah, musti dicheck karbunya mas bro. Coba sesekali BBMnya pakai pertamax (itu saran dari mekanik AHASS) supaya bisa ngebersihin kerak bekas premium yang biasanya memang ada….

      • basuki mengatakan:

        saya pengguna NMP, ketika pertama plat nomer keluar saya uji test drive kegunung Penanggungan Dan welirang ketika saya coba memang cukup handal untuk Medan yg makadam, ketika saya pacu di jalan lurus maksimum kecepatan 110 KM tidak bisa lebih….. kemudian carburetor saya ganti punya Tiger Revo ternyata performanya dapat meningkat. Saya menggunakan bahan bakar shell Dan pelumas Shell Helix HX7 SAE 10-40.

      • trondol mengatakan:

        motornya baru mas…. , jadi belumada keraknya…. adanya kerak telor dalam perutku,setelah service 500 km sama aja….

    • yudha NMP mengatakan:

      walah….sama …aku malah dah sering keluar masuk bengkel resmi…mungkin sekitar 7X sampai2 servis gratisanku habis buat urus seperti ini doang…..

      aku sedikit bertanya…ada apa sebenarnya….gembosnya gak habis-habis…paling gak..sehari 2x, pulang pergi…lama2 capek

      sampai sekarangpun masih , pagi ini aja dah 2x gembos, sampai mati di tengah jalan…

  15. Yoga Tri setiawan mengatakan:

    saya dan teman punya NMP 2011, dan punya masalah sama.
    Permasalahan seperti di karburator, karena sering ngempos/brebet dan kalau kepepet Chuck harus ditarik setengahnya. Tangki bensin sdh dikuras di bengkel resmi, tapi masalahnya timbul kembali yaitu ngempos/brebet. Sehingga harus diservis karburator setiap bulannya 2 kali.
    Mau tanya kira-kira apa masalah yang sebenarnya. Terima kasih

    • Alhamdulillah engga pernah ada masalah dengan NMP 2010 saya. Pernah 1 kali susah starter karena 4 hari engga dipake. Karena dichoke sama aja. akhirnya terpaksa didorong segala. Tapi setelah mesin berhasil hidup, engga ada masalah lagi sampe sekarang. Saya biasa service rutin max. 2000km or 2 bulan jika jarang dipake. Kemungkinan mesin ngempos or brebet bisa dari saluran bahan bakar yang kotor/tidak lancar atau supplay udara di bawah jok terhalang sesuatu. Semoga membantu!

  16. Anggara M. Prasatya mengatakan:

    Ahh..kalau Anda tau sdikit saja soal konstruksi rangka motor, saya pikir tidak akan gundah smp sgitunya! Pada Tiger 2000 (keuaran 2001) yg saya punya jg ada coakan sprti itu! Bahkan saya juga memodifikasi dg coakan bulan sabit (stengah lingkaran) pada bridge (palang) swingarm belakang yg kemudian saya pasangi braket dari pelat 5 mm dg desain menggantung sdemikian rupa utk ditautkan dg sistem ProLink monosok handmade (yg akhirnya membuat monosok NMP keliatan lebih kuno dibanding edisi Tiger saya,hehe..)!
    sampai sekarang motor saya sangat stabil bantingannya buat manuver dan boncengan!
    Semua tergantung desain, pengerjaan & komposisi material Bro…!!

    • Terima-kasih atas reviewnya. Tulisan saya semata-mata generalisasi perasaan konsumen yang merasa heran (dan khawatir) dengan adanya coakan seperti itu. Wajar saja jika kemudian sebuah pertanyaan muncul. Jika ternyata bisa dijawab dengan baik oleh Produsen, itu adalah sebuah nilai plus atas kepedulian pabrikan. Tentunya pabrikan juga harus lebih mementingkan safety, durabilitas & balance dalam membuat sebuah konstruksi rangka motor selain masalah estetika.

      • abdul hamid zar mengatakan:

        Betul bro Hendrawan…… Cuma yg diinga inga oleh AHM, secara keseluruhkan….. produk spd motor laki2nya ini masih memuaskan konsumen apa ndak? Kalo penjualan spd motor laki mrk menurun, pasti segala aspek dlm persh akan lebihhhhhhhh diperhatikan….. Mulai marketing dll sampe masalah konstruksi beginian…….. Kita tunggu aja reaksi konsumen spd motor laki mrk yaaa……

      • Pro dan kontra mengenai coakan ini masih terus berlanjut. Saya membuat tulisan di atas semata2 ingin mendapat perhatian dari produsen agar lebih concern dgn desain terutama yang berhubungan dengan keamanan. Semoga menjadi pembelajaran bagi semua termasuk saya :D

    • paijo mengatakan:

      setuju mas bro

  17. iip mengatakan:

    Bukan kali ini saja 0ne heart bikin pr0duk yg “aneh” kal0 dicermati pr0duk lain jg ada yg “aneh” liat aja mur pengikat sh0ck beker belakang bagian bawah pada abs0lute rev0 yg di kanan (dekat knalp0t) sama disamping kiri itu beda, alesan’y mungkin ment0k dg kenalp0t’y, maka’y yg di dekat knalp0t berbentuk pipih biasa bukan l0nj0ng peluru….apakah itu juga udah desain dari s0n0′y apa karena..karena?….he…

  18. m.alfian mengatakan:

    kalaupun ada klarifikasi masih tetap hatiini jadi tercoak. setuju dgn pertanyaan yg dicina kok g dicoak. jangan 2x pemerintah kita yg g pernah kerja taunya trima setoran doang atau setorannya yang amat besar jadi pemerintah tutup mata. itu kan dah masuk perlindungan konsumen. mana nih tanggung jawap pemerintah INDONESIA. Pajak aja digedein

  19. dadang mengatakan:

    Dipastikan AHM bersikukuh dgn pendapat alasannya. Tapi apa mereka berani memberitahukan “keanehan” desain ini ke calon pembeli NMP. Saya berani pastikan mereka akan mundur teratur.

  20. [...] Pingback: Klarifikasi AHM : Coakan pada rangka Honda New Mega Pro « hendrawan 'ONE' hadiyat [...]

  21. Ulung P. Mardiko mengatakan:

    Sudah beli NMP, biasa aja tuhh, cuma beda pantat ga tepos aja kalo dibawa pp dari pd kelapa ke bitung ,curug. 120 km/hari. Inget Broo, tiap hariii ^_^
    (motor pertama ane win 100 92′)

  22. Bambang TW mengatakan:

    Saya ada pertanyaan Apakah desain ini (coakan) juga sama dengan honda megapronya unicorn buatan India? tnx responya.

  23. Fitra mengatakan:

    Mau tanya mas, perbedaan rangka gl pro sama gl 100
    dari bentuk secara fisik, trus sama pajang dan lebarnya sasis kedua motor tsb, trus brp beda cm panjang ke dua motor tsbut

  24. djamilddoank mengatakan:

    mau dicoak mau ngak yg penting iso ngaciirrrrr……

  25. [...] Sempet di jagat blogosphere heboh tentang rangka coak-nya NMP. Sebagai konsumen wajar merasa was-was dengan adanya coakan ini. Mungkin mang uDien jika sebagai owner NMP akan was-was juga. Setelah sebulan merebak di blogosphere barulah ada klarifikasi dari pihak AHM selaku produser NMP, penjelasan lengkapnya dapat dibaca di sini. [...]

  26. [...] coak NMP telah secara resmi diklarifikasi oleh pihak AHM. Masbro semua mungkin dah pernah ngecek di blognya masbro Hendrawan . Namun untuk komstir oblak sampai sekarang belum ada klarifikasi. Mungkin karena bukan fenomena [...]

  27. izul mengatakan:

    aku dah buktiin kekuatan New MegaPro, tgl 2 juni, aku touring dari kebumen, malang, bromo, bahkan jalan ke bromo dari wonokitri ke lautan pasir rusak parah, tapi alhamdulillah sampai sekarang ga ada apa-apa.

  28. ode mengatakan:

    batal deh beli NMP… liat coakan nya ngerrriiiii….!!!!! (buat keselamatan koq coba2)

  29. puyeng mengatakan:

    Analisa FEM-nya nggak ada angkanya, hmmmmmmm

  30. [...] untuk memuaskan dan biar gak ada polemik lagi bolehlah secara khusus mis: acara dengar pendapat seperti yang dimuat dalam artikel ini… Saya sebagai pengguna produk diatas berpendapat bahwa kedua hal tersebut diatas bukan suatu hal [...]

  31. semi mengatakan:

    ada diantara kalian yg komen di sini:
    http://bennythegreat.wordpress.com/2011/05/23/swing-arm-cuma-sebelah-apakah-sama-dengan-bekas-gigitan-bebek/
    tapi ama yg punya warung didelete???
    lucu deh yg punya suka ngritik, tp dianya ogah dikritik wkwkwk…

  32. Abu Tanisha mengatakan:

    pertanyaanku di artikel yg aku tulis kok ga ditanyakan? hmmm hrsnya AHM mengundang blogger atau mengumpulkan pertanyaan yg ada

  33. beranda mengatakan:

    Jelas sudah bahwa honda malas melakukan riset terhadap frame, dengan mengatakan bahwa frame dari jaman bahela tidak pernah dirubah karena sudah teruji ketangguhannya. dengan kata lain secara ekonomis lebih ngirit bikin coakan tanpa mengorbankan kekuatan (versi AHM) dibanding meriset frame baru dengan waktu dan biaya yang besar hanya untuk “estetika”

  34. hi hi hi mengatakan:

    Efek panas knalpot ke coakan gimana bro?
    Trus kenapa dipake metode coak trus las, bukan di bentuk pake mesin, kaya swing arm motor.
    Menurut gw waktu yg akan membuktikan kuat gaknya rangka ini.

  35. gogo mengatakan:

    bener, klo menyangkut desain bahasnya udah ilmiah, bkn bid. ane buat menelaah desain rangka kendaraan. intinya honda menjamin rangka aman, tp mengorbankan keindahan sbuah desain..

  36. ngukur dalan mengatakan:

    pinter ngeles….

  37. diego mengatakan:

    Wahh… senangya AHM cepat tanggap atas Produknya dan sangat meyakinkan! ga sia2 ane boyong tuh Black Dazzler.ga pa2 coak dkit ga keliatan ini asal jangan ampe patah aja kayak tetangga sebelah.slm One Heart

  38. Papeda mengatakan:

    Siapa sih yang mau rugi??? Apalagi setelah produknya banyak terjual. Coakan pada frame sepeda motor?? sangat gak logis, lucu banget, sepeda motor yang sederhana desainnya tetapi framenya harus di buat coakan….. Engineer Honda apa tidak bisa mendesain agar lebih rapi dan tanpa coakan pada bagian tersebut??? sangat disayang, kebanyakan konsumen lebih memilih berdasarkan nama besar Honda, tanpa mau melihat serta berpikir kepada produk merk lain yang notabene desain dan teknologinya jauh lebih baik.

  39. Admin mengatakan:

    sepertinya mau jadi salah disain… tapi jadi cari pembenarnya benaer gak sih…

  40. Mantan Karyawan IPTN mengatakan:

    saya pernah bilang mengenai inersia penampang,

    apa itu ?

    bayangkan kalau bro membeli besi profil baja misal profil ” C ” atau ” I ”

    inersia penampang ini berhubungan dengan kekuatan menghadap beban sesuai arah profilnya,

    misal pada rangka truk memakai baja profil C maka agar konstruksi kuat, beban harus dihadapkan pada bagian atas profil C tersebut,
    demikian juga pada profil baja yang dipakai untuk jembatan ( biasanya profil I ),

    jika profil ditidurkan maka kekuatannya berbeda,

    lihat plat bak mobil pick up ? plat dibuat bergelombang untuk menambah inersia penampangnya, yang nantinya akan memperkuatnya pula

    coba baca disini
    http://www.roymech.co.uk/Useful_Tables/Maths/M_of_Inertia_2.html

    tambahan tentang Nastran
    http://www.openchannelsoftware.com/projects/NASTRAN/
    http://www.plm.automation.siemens.com/en_us/products/nx/simulation/nastran/index.shtml

    pantas saja mahal yang bikin NASA !

  41. Mantan Karyawan IPTN mengatakan:

    @satria biru,

    hasil test pabrikan itu jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan, dan bukan untuk dipublikasikan,

    kalaupun harus dipublikasikan harus dengan perintah tertulis dari pemerintah karena situasi khusus (biasanya untuk kasus di pesawat terbang atau kasus recall seperti pada mobil toyota),

    kalaupun dipublikasikan juga orang awam juga susah akan membacanya, hanya para ahli khusus yang bisa membacanya,

    seperti contohnya pada spectrum atau thermometer Nastran di atas,
    dalam hal ini Honda sudah sangat luar biasa, biasanya pabrik jarang mau mengeluarkan spectrum tersebut,

    setahu saya sangat jarang pabrik otomotif terutama sepeda motor memakai Nastran, karena harganya sangat mahal dan butuh personel-personel khusus dengan pendidikan setingkat S2 untuk mengoperasikannya

  42. agungsevi mengatakan:

    harus disadari bahwa honda indonesia merupakan anak cabang dari honda jepang.. jadi gimana gimana bagaikan ujung tombak yang tumpul… hanya merupakan senjata finansial untuk meraup keuntungan!

  43. Nimbrung mengatakan:

    kemarin salah satu blog (ga disebutin deh blogger ny) ada yg analisa pake gambar tube yg menerima pressure. Tube dicoak VS Tube tnp coak. tp kayaknya dia lupa dg memasukkan yg dicoak ditutup plus diwelding lg dg plat yg lebih tebal dibanding ketebalan dinding tube itu sendiri, itu jg br analisa gambaran doank..(gak membuktikan ke bendanya langsung) bg yg msh ga percaya sama klarifikasi dan msh meragukan kekuatannya. coba dibuktikan sendiri dg stell dan dimensi yg sama, bikin tuh tube dipress sekian “kN” yg sekira itu sudah mewakili beban mesin,rider,tarik,tekan,jg anjrut2tan. Kr2 daerah coakan itu pengaruh ngga? Disitu AHM berani kasih jaminan.
    Mirisnya&sangat disesalkan diblog itu ada yg nanya,berapa max pressure yg dibutuhkan buat membengkokkan tube tsb? Jwb yg punya warung?? Dibayar berapa ma AHM? Kok gt y jwbny penulis.
    Sama aja penulis memvonis tanpa tau perhitungan ma pembuktiannya.

  44. kompresi kempos mengatakan:

    jadi ingat PRINSIP EKNONOMI. xi.xi.xi…

  45. [...] Berikut kutipan dari blog Hendrawan : [...]

  46. Prasetyo Janjang mengatakan:

    Walau relatif lama, yang penting masalahnya udah clear kan?
    semoga artikel tersebut dapa menjawab kecemasan dan keragu-raguan pemilik npm.

    intinya coakannya tidak mengganggu performa dan kekuatan konstruksi npm.

  47. Cahaya Surya mengatakan:

    AHM cepat tanggap yah, pertama kecewa juga sih kenapa harus dicoak gitu n kasar lgi, pas konsultasi ke AHASS ternyata ga ada pengaruhnya yah melainkan beban motor bertumpu di backbone (dibawah jok) CMIIW,,,
    .
    so makin tenang aja makin tenang aja nih pake NMP :D

  48. satria biru mengatakan:

    kok hasil tes stressing beban terhadap coakannya ga dipublikasikan juga ya coba AHM buat video yang memperlihatkan pengujian rangka tersebut dialat uji yang katanya harganya 3 milyar itu. jadi konsumen tau dikekuatan berapa rangka itu mulai retak diatas atau dibawah toleransi standar jadi konsumen jadi lebih yakin dengan kekokohan rangka yang dicoak tersebut.

  49. powerpuffgirls mengatakan:

    bagus dhe AHM klarifikasi langsung kepada yang bersangkutan..
    jadi,simpang siuran berita bs terklarifikasi langsung.
    thx AHM…

  50. idog mengatakan:

    Alhamdulillah.. selamet ya om.., dan buat semua pengguna NMP.
    dgn Klarifikasi dr AHM ini, om One telah secara langsung ditunjuk oleh AHM menjadi Corong Informasi. tanggungjawab yg besar nih…
    hrs siap jawab prtanyaan seputar rangka coak. (meskipun harusnya AHM sendiri yg jelasinnya..)

    mdh2an yg biasa kontra dan panas dlm menanggapi soal rangka coak ini, bs lebih dingin.

    • Memang cukup melegakan, biarkan waktu yang akan menilai jaminan tersebut.

      Mengenai ane jadi corong informasi AHM seputar tanya jawab ttg coakan NMP, ane rasa tetap menjadi kewajiban AHM sendiri karena ane bukanlah humas AHM atau sejenisnya. Apa yang ane catat saat diskusi semaksimal mungkin ane tuliskan dalam artikel di blog ane. Jika masih ada pertanyaan di luar itu silahken tanya langsung ke AHM :D

  51. asmarantaka mengatakan:

    Bisa ditanyakan juga kenapa struktur rangka NMP versi Indonesia berbeda ama versi China??…terutama di coakannya…di Indonesia aamt kasar..sedangkan di China hanya nampak penyok dikit..sesuai fungsi tetep sama :mrgreen:
    makasih

    • @mas bro Asmarantaka & others yang menyakan ttg NMP China :
      Terus terang, ane engga terlalu jauh mikir sampe NMP China. So sementara ini klarifikasi AHM cukup seputar NMP di Indonesia. Untuk NMP China bisa jadi bahan artikel dgn judul lain :D

  52. wolfy mengatakan:

    @ bang benny
    klo masbro hendrawan bukan blogger, beliau ga bakalan nulis di blog tentang coakan tsb, jadinya ga bakalan ada isu kemana2…. tul ga..?? :mrgreen:

  53. Ghost mengatakan:

    Rangerti. Rep didobosi po rep jujur tetep rangerti, gor argumen raono hasil angka ne.

  54. say no to BC mengatakan:

    wah dateng jg ke AHM.

  55. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    katanya di Cina ga dicoak tuh ? apa lain Mas bro.
    Salam

  56. novi mengatakan:

    sudah jelas.. tapi kadang namanya manusia…
    duitnya hilang 1 juta, di ganti 1 juta masih tetep berharap 1 juta yang hilang (coba 1 jutanya ga hilang, kan jadi 2 juta nih).
    kuat sih, tapi klo ga di coak, pasti lebih kuat… dan lebih enak dilihat. :P

  57. [...] 25 April 2011… baru pertemuan dilaksanakan tertanggal 7 Mei 2011… dan reportase atau klarifikasi baru terpublish tertanggal 22 Mei 2011 …!!! So,… dari sini terlihat relatif terlalu ‘lama’ proses klarifikasi [...]

    • Hehehe….Juragan rondo memang kritis.

      Sebenarnya undangan AHM untuk berdiskusi sudah datang tak lama artikel ini muncul. Hanya karena keterbatasan waktu ane di tempat kerja, maka diskusi baru terlaksana tgl. 7 Mei 2011.

      Mengenai hasil diskusi yang telat dipublikasikan juga karena keterbatasan waktu ane serta terhadang persiapan & pelaksanaan ane touring ke Teluk Kiluan, Lampung tgl. 13 – 17 Mei 2011. Jadi tak ada kesengajaan memperlambat publikasi lhoo…..

      Mohon pengertiannya bro :D

  58. andryberlianto mengatakan:

    One pasti legaaaaa …
    Siap turing lg wan ?

  59. RGoh mengatakan:

    terus penjelasan tentang perbedaan dengan yang nmp di china???yang tanpa coakan?? maksud coakan ditambal dengan plat yang lebih tebal??blum ngerti… hehe^^ . . . .digambar n djalan masih coak soalnya,,, pengen tau

  60. uDien d'kab 234 mengatakan:

    @ bin Assant
    sekarang mah berpulang kepada diri sendiri :
    percaya atau tidak dengan penjelasan AHM, kalau gak percaya percuma diterangkan sampai mulut berbusa-busa juga ………

    untuk membuktikan argumen sudara memang perlu waktu
    maka sekarang tinggal menunggu waktu sajah … apakah penjelasan Ahm ini bisa dipercaya atau argumen Anda yang bisa dipercaya ….

    fakta di lapangan hingga saat ini belum ada kejadian apapun yang berhubungan dengan coakan ini ….

    jika waktu membuktikan bahwa benar apa yang dijelaskan AHM, maka menurut sayah Anda harus bertanggung jawab atas statment anda karena sudah negatif thinking, tapi kalau waktu membuktikan bahwa apa yang dijelaskan AHM itu tidak benar maka sayah pun akan ikut protes kepada AHM ….

  61. uDien d'kab 234 mengatakan:

    kenapa dijelaskan kepad 1 (satu) orang = biang menurut bang benny .. ?

    Bisa jadi yang di pelosok-pelosok malah gak mempedulikan soal coakan, gak ada artinya klarifikasi buat mereka, bahkan yang ngeh itu malah yang melek internet doank ….
    so cukup di internet doank sajah lah kasih penjelasannya, justru kalau dipublikasikan malah akan membingunkan …..

    yang jelas coakan ini bukan masalah (menurut AHM) …. kalau bukan masalah kenapa harus digembar-gembor …

    sekarang justru bagi yang mempermasalahkan apakah udah paham atau belum ?
    kalau belum paham silakan komplain lagi, tapi kalau udah paham yo jelaskan kepada yang lain yang masih mempermasalahkannya …. (cmiiw)
    :mrgreen:

  62. Mantan Karyawan IPTN mengatakan:

    Jika mereka mau menampilkan thermometer seluruh rangka,
    saya yakin warna menuju kuning muda akan muncul di bagian braket sok belakang, atau di pipa bagian atasnya,

    tetapi ini masih dalam batas aman kekuatan baja yang sekitar 400 newton per milimeter persegi

    biasanya desain otomotif sekitar 50-60% dari beban ekstrim terhadap kekuatan bahan,

    berbeda dengan pesawat yang mencapai 85-95% karena untuk menghemat bobot

  63. mario mengatakan:

    Quote:”itu sih alasan yang dibuat belakangan….
    intinya
    1. over stock,
    2. AHM gak keluar biaya baru utk R&D
    3. konsumen dianggap bodoh
    4. modal sekecil2nya”

    1. over stock?coba belajar lagi gimana astra melakukan management produksi aaaa9kanban/just in time CMIIW)
    2.ngga ada R&D? klo ga pake R&D ya desainnya sama kaya GL doong..ngga ada coakan juga,,karena designya berubah, makanya ada coakan, disitu orang R&D kerja..
    n bikin coakan itu makan biaya n waktu
    3.no komen. yg bodoh cuman orang yg ga mau blajar
    4. modal ksekcil2nya/ ya jelas lah, namanya juga pabrik,,semakin efisien semakin kecil biaya produksinya suatu hal yg bagus selama ngga mengorbankan kualitas produk.

    “Hmmm…coba kalo masbro Hendrawan ini bukan blogger. Apakah AHM akan melakukan hal serupa?”

    *ada juga tuh blogger yg biarpun blogger tapi ga diundang2…xixixixixixixixixix (guling2)

  64. [...] menjawab langsung ke Bro Hendrawan sang pemilik New Honda MegaPro dan telah dituangkan pada tulisan di sini WP_SLIDESHOW_IMAGES = { load: [...]

  65. Mantan Karyawan IPTN mengatakan:

    Mereka memakai nastran untuk mensimulasi kekuatan beban, in program komputer yang umum dipakai di pabrik pesawat, harganya mencapai 3 milyard !!

    kalau melihat thermometer hasil simulasi, tidak ada tegangan beban melewati pipa di depan knalpot,

    sekilas inersia penampang dari pipa yang dicoak tersebut lebih besar daripada pipa bulat utuh, artinya coakan tersebur justru memperkuat struktur pipa

    selama saya ikut konferensi ilmiah dan teknik saya sering ketemu personel Honda, mereka bekerja sama dengan BPPT, ITB, UI, Lemigas dll., untuk masukkan mereka,
    rupanya diam-diam mereka punya R&D disini,
    jadi kehandalan para insinyurnya tidak diragukan lagi

    kalau personel Yamaha saya belum pernah bertemu sama sekali

  66. Virus mengatakan:

    ck ck ck…dr smalam komentar ane masuk moderasi gak dilepas lepas…xixixixixix

  67. ken arok mengatakan:

    pake rangka GL to…./

  68. deen mengatakan:

    Kesimpulannya, memang mesin dibuat duluan, baru kemudian rangka yang menyesuaikan … Jadilah kecoak !!!

  69. [...] di blog, ada jawaban dari AHM atas desas-desus rangka coak New Mega Pro. Penjelasan lewat blognya Hendrawan Hadiyat semoga bisa cukup memuaskan publik yang bertanya-tanya tentang rangka [...]

  70. bin Assant mengatakan:

    berarti memang design NMP tidak sama sekali baru, hanya menggunakan sasis lama GL.

    pertanyaannya…. kenapa gak buat design baru yang tidak perlu mengorbankan sasis, kalau cuma utk baut knalpot. ini benar2 mengindikasikan bahwa stock sasis yang ada (GL) sudah telah ada (banyak).. dan desgin NMP merujuk dengan sasis yang ada tersebut.

    alasan bahwa
    1. kekuatan design ini sudah teruji, atau;
    2. model sasis GL ini sudah terkenal kekuatan dan kehandalannya,

    itu sih alasan yang dibuat belakangan….
    intinya
    1. over stock,
    2. AHM gak keluar biaya baru utk R&D
    3. konsumen dianggap bodoh
    4. modal sekecil2nya

  71. Rara mengatakan:

    AHM sll tanggap jika ada hal yg menjanggal pd konsumennya. Ini membuktikan bahwa service dan kepuasan konsumen sangatlah diperhatikan. Good Job buat AHM… :)

  72. Rudy SOUL mengatakan:

    dijamin dah…aman..!!!

  73. [...] AHM melakukan klarifikasi ke blog pertama yang membahas masalah ini. tepatnya di blog bro hendrawan klik dan juga dibahas disini TMCblog.com Terasa AHM dengan gamblang menjelaskan asal muasal coakan, [...]

  74. chi mengatakan:

    lihat proses pengetesan chasis’a ga mas??? pasti ga bakalan ragu lg klo liat proses test’a ,, mantap gan ..

  75. pakdeguh mengatakan:

    bagaimana dg yg di china, kok g ada coakan?

  76. anton nugroho mengatakan:

    kalo sering ngikutin modif roda empat, modifikator jakarta ada kok yang sering coak sasis toyota kijang. mereka juga kasih jaminan keamanan. jadi jangan lebay deh liat sasis yang dicoak pabrikan. kalo emang cacat produksi, nanti juga ada proses recall.

  77. tiger mengatakan:

    tetep kecewa ma ahm. Tigerku juga dicoak :( lain kali bikin rangka yg normal yah!

  78. icaq's mengatakan:

    kok desain yg di cina gak pake coakan ya bro…? apa itu bukan honda?

  79. Virus mengatakan:

    hmmm…btw apakah dapat garansi dr AHM mengenai rangka tsb…klo ada, brp lama…ad ketentuan yg berlaku khusus gak atas garansi rangka tsb…klo hanya klarifikasi…hmmm masih menjanggal lah…

  80. Maticoke mengatakan:

    smua sudah diperhitungkan… ga mungkin sekelas honda bikin kekeliruan produksi..!

  81. yudibatang mengatakan:

    Hhhmm… biar lebih afdol, mungkin perlu dibikin pamflet tentang coakan itu yang tidak mempengaruhi konstruksi dan disebar diseluruh dealer Honda :D karena kadang2 orang yg telah membaca artikel tentang coakan nmp akan “gethok tular” menyebar dari mulut kemulut.. :D dan menghindari black campaign dari pihak2 lain seperti kasus vario tahun 2006 :D

  82. sijidewe aka snalpot99 mengatakan:

    mak plong tho :D ..

  83. Goyip mengatakan:

    JIAAAA….tinggal nunggu Klarifikasi dari pabrikan lain neh…tentang masalah yang lain juga tentunya.

  84. kang_ulid mengatakan:

    sudah sewajarnya AHM melakukan klarifikasi… good job!!!

  85. ardiantoyugo mengatakan:

    temenku udah 1 bulan pakek NMP baru tau kalo ada coakannya. bisa tau aja tak beri tau e… langsung keliatan drop tu orang (kompor :mrgreen:)
    besok tak suruh baca artikel ini. biar tersenyum kembali… :-)

  86. Safety Rider mengatakan:

    @ Benny
    Lah, kan bukan defek, ngapain di ceritaain ke semua orang? sekalian aja bikin iklan pemberitahuan di media massa kl gitu, efeknya malah lebih butuk.

    trus kawasaki jg bikin desain swing arm yg ga sama, antara kanan dan kiri, harus disampaikan jg?

    pola pikir yg aneh.

  87. kucrut_bike's mengatakan:

    sekarang yang jadi pertanyaan kenapa NMP yang ada di china gak ada coakan di rangkanya seperti saudaranya yang ada disini??? :mrgreen:

  88. yamania ga pake C mengatakan:

    Yang jadi pertanyaan kenapa NMP yang dicina bisa ga dicoak????

  89. [...] dapat membaca langsung artikel Klarifikasinya langsung ke Blog Bro hendrawan, karena menurut tmcblog tulisan tersebut adalah tulisan yang paling reliable untuk dibaca berkaitan [...]

  90. uDien d'kab 234 mengatakan:

    @ mas benny
    mungkin kalau biangnya bukan blogger, yang diundang adalah blogger yang mengangkat keluhan konsumen berikut konsumen yang jadi biangnya …. xixxixi ….

  91. Taufik mengatakan:

    siip bersyukur akhirnya AHM langsung klarifikasi ke Orang yang bersangkutan, sehingga kesimpang siuran berita dapat diklarifikasi langsung oleh Blogger yang menjadi Thread Starternya . . . Mantab bro . . . Keep On Blogging

  92. Pengamat mengatakan:

    Dari awal pemberitaan, jg sebenernya gak meragukan durabilitasnya, secara logika pabrikan sebesar honda gak mungkin mengeluarkan produk yg belum teruji.
    Hanya saja seharusnya ahm klarifikasi dr awal munculnya pemberitaan, jd tdk ada kesimpangsiuran yg terlalu lama.

  93. uDien d'kab 234 mengatakan:

    di sini pertamaxnya dari bawah toh…. xixixi

  94. uDien d'kab 234 mengatakan:

    nice share …..

  95. bennythegreat mengatakan:

    @mas joe:

    Lha yang jadi biang diskusi kan masbro Hendrawan..jadi klarifikasinya cukup ke “biang” nya aja..

    Hmmm…coba kalo masbro Hendrawan ini bukan blogger. Apakah AHM akan melakukan hal serupa?

  96. NanaRedPr☺ mengatakan:

    syukur ALHAMDULILLAH,hati telah tenang kembali mas boss,terima kasih atas kepeduliannya,
    SALAM KARET BUNDAR™

  97. joetrizilo mengatakan:

    Jadi seneng mendengarnya, cuman mawsih ada sedikit ganjalan.. kenapa kok hanya satu orangkonsumen saja yang di klarifikasi!!!

    Nitip artikel belajar kimia…

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/05/22/mari-belajar-bersama-cara-membuat-pupuk-urea/

  98. bejo mengatakan:

    itu cuma iteren ahm ya kok dikit yan hadir ,..apa simulasi?

  99. Takumi Fujiwara mengatakan:

    ouwh . . . . . begitu tow.
    tp dari 9 rekan kerjaku yang beli NMP gak ada pemberitahuan ya. . . . apa hanya sebagian kecil orang saja yang di kasih tau.

  100. azizyhoree mengatakan:

    Oot Kartika Septyarini (HC-3 Division) masih mbak2 kinyis2 mas bukan ibu2 :mrgreen:

  101. dolanclinick mengatakan:

    yang dicoak yang dicoak . . .
    masih aman inih buat anjrut anjrutan, juga belum pengin beli !
    hehe

    http://dolanclinick.wordpress.com/2011/05/22/menikmati-mie-baru/

  102. apik apik apik
    lha gitu, kemarin-kemarin kemana aja, ini khan bisa jadi angin segar buat pengguna NMP, kapan YMKI ngundang aku jelasin lamanya inden byson, wkkwkwkwkwkwkkk ngarep dotkom plus khayal dotkom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s